OJK. Foto : Mi/Ramdani.
OJK. Foto : Mi/Ramdani.

OJK Ingatkan Asuransi Terapkan Mitigasi Risiko dalam Pemanfaatan IT

Ekonomi OJK pandemi covid-19
Husen Miftahudin • 23 Februari 2021 19:46
Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengingatkan perusahaan asuransi untuk menerapkan prinsip kehati-hatian dan mitigasi risiko dalam pemanfaatan teknologi informasi (TI). Pemanfaatan teknologi digital menjadi salah satu poin penting dari kebijakan countercyclical di masa pandemi yang diimplementasikan OJK, termasuk dalam hal pemasaran produk asuransi.
 
"Kami juga meminta para pelaku usaha untuk selalu memperhatikan aspek legalitas, menjalankan kegiatan usaha sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan melakukan mitigasi risiko yang mungkin timbul dari penggunaan teknologi, serta mengedepankan prinsip perlindungan konsumen," tegas Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) OJK Riswinandi dikutip dari instagram resmi OJK @ojkindonesia, Selasa, 23 Februari 2021.
 
Dalam kebijakan countercyclical di sektor IKNB, OJK telah menerbitkan kebijakan sebagai upaya memitigasi atas dampak pandemi covid-19 terhadap perkembangan sektor IKNB, termasuk asuransi. Secara umum, kebijakan ini dapat diklasifikasi dalam dua kelompok kebijakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertama, kebijakan yang ditujukan untuk seluruh sektor IKNB dengan perpanjangan tenggat waktu penyampaian laporan berkala kepada OJK. Kemudian pelaksanaan fit and proper test melalui video conference.
 
Kedua, kebijakan yang secara khusus ditujukan untuk sektor asuransi. Dalam hal ini relaksasi ketentuan terkait penjualan dan kriteria aset yang diperkenankan dalam perhitungan tingkat solvabilitas perusahaan asuransi, khususnya untuk aset berupa obligasi korporasi dan surat berharga negara.
 
Selanjutnya relaksasi ketentuan terkait teknis pemasaran Produk Asuransi yang Dikaitkan dengan Investasi (PAYDI), sehingga memungkinkan untuk memasarkan produk asuransi tersebut tanpa harus melalui proses tatap muka secara langsung.
 
Berdasarkan Surat Edaran OJK (SEOJK) Nomor 19/SEOJK.05/2020 tentang Saluran Pemasaran Produk Asuransi, pemasaran melalui sistem elektronik dapat dilakukan oleh pialang asuransi, agen, bank, Badan Usaha Selain Bank (BUSB). Pemasaran elektronik ini dapat diselenggarakan sendiri atau pihak lain yang didasarkan pada perjanjian kerja sama, antara lain melalui website, media sosial, aplikasi, surel, dan pesan singkat.
 
Pemasaran produk asuransi secara elektronik juga harus memiliki tanda terdaftar penyelenggara sistem elektronik. Kemudian memiliki dan menerapkan kebijakan, standar, dan prosedur atas proses manajemen risiko teknologi informasi. Selanjutnya, memenuhi seluruh persyaratan yang diwajibkan OJK dan lembaga yang berwenang.
 
Adapun kebijakan, standar, dan prosedur manajemen risiko IT minimal harus memiliki tata kelola, prosedur kerja, dan mekanisme audit secara berkala. Lalu sistem pengamanan data konsumen, sistem pengamanan terhadap komponen sistem elektronik dalam menghindari gangguan, kegagalan, dan kerugian.
 
"Selanjutnya evaluasi dan pengkinian kebijakan berkala. Serta prosedur identifikasi, pengukuran, pengendalian, dan pemantauan risiko," tuturnya.
 
OJK, ungkap Riswinandi, sangat mengapresiasi antusiasme para pelaku usaha untuk berinovasi dalam menyediakan layanan terbaik bagi konsumen. Namun OJK juga mengingatkan agar para pelaku usaha tetap memperhatikan aspek legalitas dan menjalankan kegiatan usahanya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, khususnya di sektor jasa keuangan.
 
"Serta menerapkan prinsip kehati-hatian dan mitigasi risiko terkait dengan penggunaan teknologi digital dalam mendukung bisnis asuransi," papar dia.
 
Di sisi lain, OJK juga mendorong para pelaku usaha jasa keuangan untuk dapat secara cermat dalam mengidentifikasi, mengukur, dan mengelola berbagai risiko yang mungkin timbul dari pemanfaatan teknologi informasi untuk menghasilkan inovasi sektor jasa keuangan yang bertanggung jawab, aman dan mengedepankan prinsip perlindungan konsumen.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif