Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id

Pentingnya Berinvestasi bagi Anak Muda untuk Capai Kemapanan Finansial

Ekonomi tips keuangan tips berinvestasi
Angga Bratadharma • 07 September 2021 11:37
Jakarta: Pandemi covid-19 tak hanya bicara soal dampak negatif terhadap kesehatan, sosial, dan ekonomi semata. Di balik merebaknya virus mematikan itu juga memberikan kesadaran masyarakat untuk berinvestasi, baik di pasar saham, lembaga jasa keuangan, maupun properti guna mencapai kemapanan finansial.
 
Kesadaran berinvestasi juga digaungkan oleh peraih medali emas bulu tangkis Greysia Polii dan Apriyani Rahayu. Dalam hal ini, Greysia mengingatkan pentingnya berinvestasi termasuk di properti bagi anak-anak muda.
 
"Penting sekali. Apalagi kalau fasilitasnya lengkap, dan mungkin juga yang mudah (cara) pembayaran. Sehingga investasi di bidang properti itu menurut saya sangat-sangat membantu kami sebagai anak-anak muda yang mungkin nantinya akan berkeluarga. Jadi sudah punya tabungan masa depan," ujar Greysia, dalam keterangan resminya, Selasa, 7 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam kunjungannya ke PIK2, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu sempat mencetuskan konsep rumah masa depan impian mereka. Greysia menyukai konsep tepi laut yang diterapkan di PIK2. Sedangkan Apriyani sangat menyukai danau-danau yang ada di PIK2. Adapun PIK2 mengedepankan konsep pengembangan daerah tepian air, baik itu tepi pantai, sungai, ataupun danau.
 
Sementara itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dalam berinvestasi di tengah banyaknya penawaran investasi secara daring saat pandemi covid-19. Hal ini agar masyarakat terhindar dari tipu rayu investasi bodong yang merugikan.
 
"Di masa pandemi banyak penawaran investasi yang ditawarkan secara daring. Untuk keamanan masyarakat, kenali terlebih dahulu legalitas lembaga yang menawarkan dan produk yang ditawarkan ke otoritas yang mengatur izin usaha tersebut," kata Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot.
 
Sekar membeberkan tips berinvestasi aman di tengah pandemi, yakni selalu mengecek legalitas lembaga yang menawarkan investasi, cek legalitas produk yang ditawarkan, kenali hukum dan peraturannya, pelajari risiko dari instrumen investasi, serta berinvestasi sesuai dengan profil risiko dan kemampuan finansial.
 
Sebelumnya Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Tirta Segara menegaskan bahwa pihaknya akan terus menggalakkan pemberantasan investasi ilegal melalui Satgas Waspada Investasi (SWI), yang merupakan forum koordinasi lintas kementerian dan lembaga.
 
"Hal ini penting mengingat tindakan melawan hukum di bidang penghimpunan dana dan pengelolaan investasi sebagian besar bersifat lintas lembaga atau kementerian," pungkas Tirta.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif