Ilustrasi. FOTO: MI/RAMDANI
Ilustrasi. FOTO: MI/RAMDANI

Begini Kinerja Emiten Farmasi dan Rumah Sakit di Tengah Covid-19

Ekonomi IHSG Emiten BEI pasar modal ipo
Angga Bratadharma • 07 Oktober 2020 10:26
Jakarta: Industri farmasi dan rumah sakit menghadapi tantangan yang cukup berat di era pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Masyarakat yang menunda kunjungan ke rumah sakit menekan penjualan obat-obatan dan pemasukan dari jasa layanan kesehatan yang berimbas pada penurunan penjualan.
 
Kondisi itu juga memberikan tekanan terhadap laba bagi emiten di kedua sektor tersebut. Pada masa pandemi, kunjungan ke institusi kesehatan, seperti klinik dan rumah sakit turun drastis. Dengan turunya kunjungan ke rumah sakit tentu akan berdampak pada penjualan dan akhirnya mempengaruhi keuntungan emiten rumah sakit.
 
Data pertumbuhan PDB yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan pada triwulan II-2020, sektor jasa kesehatan mengalami penurunan sebanyak minus 4,15 persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengutip riset Lifepal, Rabu, 7 Oktober 2020, ditemukan meski menurut data BPS tersebut terjadi penurunan pertumbuhan pada sektor jasa kesehatan, nyatanya ada emiten-emiten farmasi dan rumah sakit yang pergerakan harga sahamnya masih di atas performa indeks konsumer, indeks perdagangan, dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).
 
Sebaliknya, ada pula yang performanya di bawah performa kedua indeks tersebut. Emiten-emiten saham farmasi berada di lingkup indeks konsumer, sedangkan emiten-emiten saham rumah sakit tergolong pada indeks perdagangan.
 
Ada lima emiten farmasi yang mengalahkan IHSG dan Indeks Konsumer. Lima emiten farmasi yang kinerjanya sanggup mengalahkan kinerja indeks konsumer yakni PT Darya-Varia Laboratoria Tbk, PT Kimia Farma Tbk, PT Pyridam Farma Tbk, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, dan PT Indofarma Tbk.
 
Lalu ada tiga emiten farmasi yang kalah dari IHSG dan indeks konsumer yakni PT Kalbe Farma Tbk, PT Merck Tbk, dan PT Tempo Scan Pacific Tbk. Hanya PT Kalbe Farma Tbk yang kinerjanya sedikit di atas indeks konsumer namun kinerjanya masih kalah dengan IHSG.
 
Sementara itu, ada satu emiten rumah sakit yang mengalahkan IHSG dan indeks perdagangan yakni PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk. Sedangkan tiga emiten lain, pergerakannya di bawah IHSG dan indeks perdagangan yaitu adalah PT Siloam International Hospitals Tbk, PT Sarana Meditama Metropolitan, dan PT Sejahteraraya Anugrahjaya Tbk.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif