Ilustrasi penguatan nilai tukar rupiah - - Foto: dok AFP
Ilustrasi penguatan nilai tukar rupiah - - Foto: dok AFP

Impor Vaksin Bikin Kurs Rupiah Selamat

Ekonomi Kurs Rupiah Pasar Keuangan vaksin covid-19
Husen Miftahudin • 24 November 2020 17:35
Jakarta: Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan hari ini bervariasi, meski akhirnya mata uang Garuda tersebut selamat dari jurang dalam pelemahan. Informasi terkait impor vaksin yang akan dilakukan pemerintah Indonesia membuat investor percaya terhadap pergerakan di pasar keuangan domestik.
 
"Ada kabar baik, Indonesia menjadi salah satu negara berkembang yang akan melakukan impor vaksin yang cukup besar. Ini merupakan target pemerintah agar pandemi covid-19 di Indonesia bisa cepat teratasi," ungkap Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi dalam keterangannya yang diterima Medcom.id, Selasa, 24 November 2020.
 
Langkah pemerintah tersebut perlu dilakukan agar masyarakat bisa beraktivitas kembali seperti biasa. Dengan begitu, roda perekonomian nasional akan kembali berputar seperti kondisi pracovid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan laporan Moody's Investor yang dipublikasikan Senin, 23 November 2020, mengungkap bahwa ada beberapa negara maju dan berkembang yang telah mendapatkan kontrak untuk ratusan juta dosis vaksin.
 
Indonesia berada di urutan ke-6 dalam daftar negara dengan kontrak vaksin terbanyak setelah Amerika Serikat, Uni Eropa, India, Covax (inisiatif yang dikoordinasikan oleh aliansi vaksin Gavi, Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi, dan WHO) serta Inggris.
 
Di sisi lain, pertemuan negara-negara G-20 menyatakan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara di Asia yang tingkat perekonomiannya cukup stabil di bawah Tiongkok. Namun menurut Ibrahim, informasi ini harus dijadikan cambuk agar permasalahan covid-19 cepat bisa teratasi seperti Tiongkok yang mampu mengatasi pandemi covid-19 di Wuhan.
 
"Tiongkok yang begitu sigap dalam penanganannya sehingga penyebaran covid-19 tidak menyebar ke provinsi-provinsi lainnya dan bisa teratasi dalam waktu yang relatif cepat. Hal ini yang seharusnya menjadi konsentrasi pemerintah Indonesia guna mengatasi dan menanggulangi covid-19 cepat teratasi," tegas Ibrahim.
 
Pada perdagangan sesi pagi, rupiah sempat melemah 15 poin. Bahkan pada sesi siang mata uang Garuda tersebut mengalami pelemahan hingga 26 poin, meski akhirnya ditutup melemah tipis di level Rp14.155 per USD dari penutupan sebelumnya di level Rp14.149 per USD.
 
Mengutip data Bloomberg, nilai tukar rupiah ditutup melemah dibandingkan penutupan hari sebelumnya, yakni berada di posisi Rp14.155 per USD. Mata uang Garuda tersebut melemah tipis enam poin atau setara 0,04 persen. Rentang gerak harian rupiah berada di level Rp14.150 per USD sampai Rp14.183 per USD.
 
Menukil data Yahoo Finance, rupiah juga berada di zona merah pada posisi Rp14.167 per USD. Rupiah melemah tujuh poin atau setara 0,05 persen dari Rp14.160 per USD di penutupan perdagangan hari sebelumnya.
 
Sedangkan berdasarkan data kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dolar Rate (Jisdor), rupiah diperdagangkan di level Rp14.196 per USD atau melemah sebanyak 32 poin dari nilai tukar rupiah pada perdagangan hari sebelumnya sebesar Rp14.164 per USD.
 
"Sedangkan untuk perdagangan besok rupiah kemungkinan dibuka fluktuatif, tetapi menguat tipis sebesar 10-50 poin di level Rp14.135 per USD sampai Rp14.160 per USD," pungkas Ibrahim.  

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif