Foto: AFP.
Foto: AFP.

Rupiah Terjungkal ke Rp14.522/USD

Ekonomi Kurs Rupiah
Ade Hapsari Lestarini • 03 Juli 2020 17:28
Jakarta: Nilai tukar rupiah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat (AS) terpantau anjlok. Sentimen negatif masih membayangi gerak mata uang Garuda.
 
Mengutip Bloomberg, Jumat, 3 Juli 2020, rupiah tertekan Rp14.522 per USD pada penutupan di akhir pekan. Gerak rupiah anjlok hingga mencapai 145 poin atau setara 1,01 persen.
 
Adapun rentang gerak rupiah sepanjang hari ini berada di level Rp14.337-Rp14.586 per USD. Sementara year to date return tercatat sebesar 4,74 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara berdasarkan data Yahoo Finance, rupiah diperdagangkan di level Rp14.268 per USD. Sedangkan mengutip data kurs referensi Bank Indonesia (Jisdor) berada di posisi Rp14.566 per USD.
 
Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra sebelumnya mengatakan pelemahan rupiah karena tertekan kasus positif covid-19 yang terus meningkat.
 
"Sentimen negatif masih membayangi pergerakan aset berisiko. Pasar khawatir dengan penularan covid-19 yang terus meninggi," kata Ariston.
 
Sejumlah aktivitas ekonomi dibatasi atau ditutup kembali di beberapa negara yang kembali meninggi kasus penularan covid-19 seperti di Amerika Serikat, Tiongkok, Jerman, Korsel, dan lainnya.
 
Di Indonesia, kasus positif covid-19 juga masih meningkat dengan laju yang kurang lebih sama.
 
Sementara itu ketegangan hubungan antara AS dan Tiongkok dengan disetujuinya UU pemberian sanksi ke pejabat Tiongkok yang menyetujui UU keamanan Hong Kong oleh Kongres AS, juga menambah sentimen negatif.
 

(AHL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif