NEWSTICKER
Ilustrasi. Foto: dok BTN.
Ilustrasi. Foto: dok BTN.

Antisipasi Covid-19, Layanan BTN Terbatas

Ekonomi Virus Korona btn
Ade Hapsari Lestarini • 16 Maret 2020 07:15
Jakarta: PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk akan melakukan pelayanan terbatas kepada para nasabahnya untuk mengantisipasi penyebaran covid-19. Langkah ini dilakukan perseroan untuk melindungi nasabah sekaligus menjaga agar lingkungan kerja perseroan tidak terpapar virus korona yang saat ini sedang menjadi perhatian serius pemerintah.
 
"Kami harus melakukan langkah inisiatif sebagai upaya preventif yang perlu diambil segera dan perseroan mengambil keputusan untuk sementara akan melakukan pelayanan terbatas bagi nasabah BTN di sejumlah kantor cabang di seluruh Indonesia," tutur Corporate Secretary BTN Ari Kurniaman dalam keterangan resminya, Senin, 16 Maret 2020.
 
Menurut Ari layanan perbankan akan tetap berjalan melalui dukungan digital banking yang dapat dilakukan di mana saja dan tidak perlu ke kantor jika tidak urgent dilakukan. Selain pemberlakuan layanan nasabah di sejumlah kantor cabang BTN, perseroan juga akan melakukan Work From Home atau WFH.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kebijakan WFH ini akan berlaku di semua unit kerja kantor pusat, termasuk dalam hal ini kantor cabang sesuai dengan kritikal wilayah yang telah ditetapkan perseroan.
 
"Jadi kami telah menyusun business continuity plan atau BCP mengenai apa yang harus dilakukan dalam rangka mengantisipasi penyebaran covid-19 di wilayah kerja perseroan dengan tetap mengedepankan bagaimana itu tidak mengganggu pelayanan kepada nasabah," jelas Ari.
 
Dia menambahkan, WFH akan dilakukan seperti pada divisi kritikal minimal 20 persen dari total SDM pada divisi tersebut dan 40 persen untuk divisi yang tidak kritikal. Demikian juga dengan kantor cabang yang berada di wilayah sesuai dengan mapping kritikal untuk dilakukan WFH.
 
Selain itu, jelas Ari, di seluruh kantor layanan telah ditetapkan protokol layanan kepada nasabah seperti para petugas layanan khususnya yang berada di front linner akan mengenakan masker.
 
"Salam kepada nasabah tidak dengan berjabat tangan tapi cukup dengan mengatupkan tangan sebagai salam hormat kepada nasabah. Kami juga menyiapkan masker untuk nasabah yang memerlukan. Ini adalah hal yang mungkin akan menjadi sesuatu yang berbeda dari biasanya tetapi untuk kebaikan kita semua itu harus dilakukan," tambahnya.
 
Pihaknya pun meminta maaf kepada para nasabah BTN atas protokol pelayanan perbankan yang dilakukan agar semua terhindar dari covid-19. Adapun kebijakan mengenai layanan terbatas dan WFH tersebut akan dilakukan BTN terhitung sejak Senin, 16 Maret 2020 dengan sementara dilakukan sampai lima hari kerja ke depan.
 
"Oleh karena itu, sementara akan berlaku sepekan terhitung sejak Senin, 16 Maret 2020 dan nanti akan kita evaluasi lagi. Semoga ini tidak berlangsung lama dan pemerintah segera dapat mengatasi covid-19 dengan baik, untuk ke depan kami dapat memberikan layanan perbankan secara normal kepada seluruh nasabah," pungkas Ari.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif