IHSG. Foto : MI.
IHSG. Foto : MI.

Awal Pekan, IHSG Berpotensi Melemah

Ekonomi IHSG
Annisa ayu artanti • 29 Juni 2020 09:10
Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) cenderung melemah mengikuti pelemahan yang terjadi di bursa global.
 
Samuel Research Team mengatakan pasar Amerika Serikat ditutup melemah cukup tajam pada Jumat lalu, karena meningkatnya kembali kekhawatiran dengan melonjaknya kembali kasus covid-19 dan efeknya kepada ekonomi di Amerika Serikat.
 
Indeks Dow Jones ditutup melemah 2,8 persen, S&P 500 turun 2,4 persen, dan Nasdaq turun 2,6 persen. Penurunan ini juga merupakan penurunan mingguan untuk kedua kalinya dalam tiga minggu terakhir. Secara mingguan, Dow dan S&P 500 masing-masing melemah 3,3 persen dan 2,9 persen, sedangkan Nasdaq turun 1,9 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami perkirakan IHSG akan turut melemah hari ini," katanya dalam riset harian, Senin, 29 Juni 2020.
 
Sementara IHSG ditutup menguat tipis 0,15 persen ke level 4.904,1 pada penutupan perdagangan akhir pekan lalu. Namun investor asing kembali mencatatkan net sell sebesar Rp699 miliar.
 
Selain mengikuti bursa Amerika Serikat, IHSG akan terpengaruh bursa regional yakni Nikkei dibuka melemah 1,6 persen dan Kospi melemah 1,4 persen.
 
Sementara Analis Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan pola gerak IHSG terlihat masih betah berada dalam rentang konsolidasi wajar. IHSG diperkirakan akan diperdagangkan di level support-resistance today 4.789-4.971.
 
"Sentimen negatif dari pergerakan market global yang sedang berada dalam tekanan juga masih membayangi pergerakan IHSG hingga saat ini," ujarnya.
 
Namun, lanjutnya, mengingat fundamental perekonomian Indonesia masih berada dalam kondisi stabil momentum koreksi wajar masih dapat dimanfaatkan oleh investor untuk melakukan akumulasi pembelian dengan target jangka pendek.

 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif