Ilustrasi IHSG - - Foto: Antara/ Aditya Pradana Putra
Ilustrasi IHSG - - Foto: Antara/ Aditya Pradana Putra

Optimisme Investor akan Buat IHSG Positif

Ekonomi IHSG bursa saham
Annisa ayu artanti • 15 Juli 2020 09:35
Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham (IHSG) pada perdagangan hari ini diprediksi bergerak positif seiring optimisme yang tumbuh kepada investor. IHSG akan diperdagangkan di level support 5.044-5.061 dan resistance 5.087-5.096.
 
Analis Artha Sekuritas Indonesia Nugroho Fitriyanto mengatakan indeks masih dibayangi oleh banyak sentimen negatif terkait penambahan kasus covid-19. Namun, laju IHSG akan positif lantaran optimisme investor terkait penemuan vaksin yang dapat memproduksi antibodi.
 
"IHSG diprediksi menguat. Secara teknikal indikator stochastic bergerak di area overbought mengindikasikan potensi pelemahan," kata Nugroho dalam riset hariannya, Rabu, 15 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepercayaan investor turut juga berdampak pada penguatan bursa Amerika Serikat. Dow Jones ditutup di level 26.642,59 menguat 2,13 persen. Indeks Nasdaq juga ditutup menguat di level 10.488,58 atau naik 0,94 persen. Sementara S&P 500 ditutup di level 3.197,52 atau menguat 1,34 persen.
 
Bursa saham AS ditutup menguat setelah adanya berita bahwa Moderna menemukan vaksin yang mampu memproduksi antibodi terhadap virus korona. Hingga saat ini Moderna sudah mencapai tahap percobaan pada manusia terhadap 45 orang.
 
"Kepercayaan diri investor meningkat setelah melihat berita tersebut," ucapnya.
 
Disamping itu, laporan keuangan kuartal II-2020 sedang berlangsung, sehingga volatilitas pasar modal masih akan tetap tinggi. Meskipun demikian, tensi antara Amerika Serikat dan Tiongkok dinilai semakin tinggi karena Presiden Amerika Serikat Donald Trump baru saja menandatangani sanksi legislasi kepada Tiongkok atas tindakannya kepada Hong Kong.
 

(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif