Ilustrasi fintech lending - - Foto: Medcom
Ilustrasi fintech lending - - Foto: Medcom

8 Fintech Lending Kembali Peroleh Lisensi OJK

Ekonomi ojk fintech
Annisa ayu artanti • 02 Juni 2020 16:24
Jakarta: Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) mencatat delapan anggotanya kembali mendapatkan izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Fintech tersebut yakni Pinjam Modal, Taralite, Danarupiah, Pinjamwinwin, Julo, Indodana, Awantunai, dan Alami.
 
Ketua Umum AFPI Adrian Gunadi mengatakan total penyelenggara fintech lending yang mengantongi lisensi kini menjadi 33 penyelenggara.

 
"Kami ucapkan kepada para anggota AFPI yang memperoleh izin usaha dari OJK. Semoga dengan izin usaha yang diperoleh ini, dapat memperkuat industri khususnya di tengah masa pandemi covid-19," kata Adrian dalam video conference, Selasa, 2 Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya legalitas yang diberikan OJK kepada delapan anggota ini merupakan bukti konsistensi industri Fintech Peer to Peer (P2P) Lending untuk berperan aktif dalam penyaluran pinjaman masyarakat, khususnya sektor UMKM.
 
Ia berharap penerimaan izin usaha ini dapat menginspirasi anggota lainnya yang masih berproses. Saat ini jumlah anggota AFPI mencapai 161 penyelanggara.
 
"Untuk menjadi penyelenggara Fintech P2P Lending harus comply terhadap regulasi dan aturan dari OJK maupun dari asosiasi demi menjaga kredibilitas industri," ungkap dia.
 
Adrian menambahkan pemberian izin usaha dari OJK menandakan kredibilitas industri Fintech P2P Lending semakin tinggi. AFPI mencatat peningkatan angka penyaluran pinjaman dari seluruh anggota AFPI kepada masyarakat.
 
Berdasarkan data OJK per Maret 2020, akumulasi penyaluran pinjaman Fintech P2P Lending naik 208,83 persen menjadi Rp102,53 triliun dari periode yang sama tahun lalu.

 

(Des)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif