Ilustrasi. Foto: Antara/Aprilio Akbar
Ilustrasi. Foto: Antara/Aprilio Akbar

Kurang dari Sebulan, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp13,59 Triliun

Ekonomi Kredit bri UMKM
Ilham wibowo • 15 Juli 2020 19:47
Jakarta: Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan pihaknya telah merealisasikan penyaluran kredit Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam rangka penempatan dana pemerintah. Periode 25 Juni 2020 hingga 15 Juli 2020, dana yang terserap sebesar Rp13,59 triliun.
 
Jumlah serapan kredit tersebut diterima 295.617 debitur dengan rincian usaha mikro Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp5,15 triliun kepada 202.701 debitur, usaha mikro non-KUR sebesar Rp4,10 trilun kepada 85.516 debitur, dan usaha kecil ritel menengah Rp4,34 trilun kepada 7.415 debitur.
 
"Termonitor sampai 15 Juli pagi, uang Rp10 triliun sudah kita salurkan ke UMKM sebesar Rp13,59 triliun, dan yang terima 295.617 nasabah," kata Sunarso dalam webinar bertajuk Langkah Penting Perbankan dalam Mendorong Bisnis UMKM di Masa Pandemi, Rabu, 15 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Sunarso, target realisasi kredit UMKM masih belum berakhir lantaran BRI wajib menyalurkan tiga kali lipat dana milik pemerintah sebesar Rp10 triliun selama tiga bulan. Stimulus untuk sektor UMKM ini pun ditujukan dalam pemulihan ekonomi nasional.
 
"Kita (BRI) sudah dapat Rp10 triliun dan Himbara janji delivery tiga kali lipat," ujarnya.
 
Sebagai bank yang fokus di sektor UMKM, lanjut Sunarso, pihaknya membutuhkan sisa modal Rp20 triliun untuk memenuhi target penyaluran permodalan kepada UMKM. Ketersediaan dana tersebut akan didapat dari ekspansi dan dana simpanan masyarakat yang ada di BRI.
 
"Makanya masyarakat harus rajin menabung biar kita bisa salurkan kredit," tuturnya.
 
Sunarso memastikan kinerja BRI sepanjang 2020 masih dalam kondisi baik. Ia menyebut bahwa BRI terus mendapatkan kucuran investasi dari investor asing.
 
"Di saat orang lagi kesulitan likuiditas, BRI dengan isu instrumen dibeli investor-investor di luar negeri dengan bunga di bawah dua persen, itu contoh bahwa kita membangun UMKM dengan benar pasti akan menimbulkan trust yang tinggi," pungkasnya.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif