Foto: AFP.
Foto: AFP.

Kurs Rupiah Pagi Ini Melemah

Ekonomi Kurs Rupiah
Ade Hapsari Lestarini • 10 Agustus 2020 09:08
Jakarta: Nilai tukar rupiah pada pembukaan perdagangan pagi ini terus melemah kendati sempat dibuka ke zona hijau. Mata uang Garuda ini belum bisa mempertahankan kekuatannya di awal pekan.
 
Mengutip Bloomberg, Senin, 10 Agustus 2020, rupiah sempat dibuka menguat di posisi Rp14.600 per USD dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya yang berada di level Rp14.625 per USD.
 
Rupiah terus bergerak melemah hingga mencapai 64 poin atau setara 0,44 persen ke posisi Rp14.689 per USD.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara rentang gerak rupiah berada di kisaran Rp14.555-Rp14.637 per USD. Serta year to date (ytd) return terpantau sebesar 5,47 persen. Sedangkan mengutip data Yahoo Finance, rupiah diperdagangkan di posisi Rp14.449 per USD.
 
Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra sebelumnya memprediksi pelemahan ini disebabkan oleh beberapa faktor dari dalam negeri maupun luar negeri.
 
"Pekan depan pasar akan memerhatikan perkembangan hubungan AS-Tiongkok yang makin memanas dan pembicaraan paket stimulus kedua AS yang masih menemui deadlock, di samping perkembangan penularan covid-19 yang masih terus meninggi," ungkap Ariston yang dikutip dari Media Indonesia, Minggu, 9 Agustus 2020.
 
Ariston menuturkan bahwa faktor-faktor tersebut dikatakan bisa memberikan sentimen negatif ke aset berisiko, termasuk rupiah. Sementara itu dari dalam negeri, sentimen negatif terhadap kurs rupiah akan datang dari potensi resesi di Indonesia.
 
"Indikasi pemulihan ekonomi dan kelancaran distribusi stimulus pemerintah bisa membantu memperbaiki sentimen," sambungnya.
 
(AHL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif