Gubernur BI Perry Warjiyo. Foto: dok Bank Indonesia
Gubernur BI Perry Warjiyo. Foto: dok Bank Indonesia

Gubernur BI Dorong Exit Strategy untuk Ekonomi Pulih Bersama dari Pandemi

Ekonomi Bank Indonesia Ekonomi Global pandemi covid-19 vaksin covid-19 Varian Delta
Eko Nordiansyah • 16 Oktober 2021 17:29
Jakarta: Pemulihan perekonomian global terus berlanjut, meskipun masih terdapat kesenjangan antar negara akibat perbedaan akses terhadap vaksin covid-19 dan ruang untuk dukungan kebijakan. Secara global, pemulihan menghadapi berbagai faktor risiko terutama kekhawatiran penyebaran varian Delta dan munculnya varian virus baru sehingga menimbulkan ketidakpastian.
 
"Untuk itu, pentingnya pelaksanaan exit strategy yang well calibrated, well planned, dan well communicated untuk memastikan seluruh negara dapat pulih secara bersama-sama," kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Wajiyo dalam Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2021 dilansir di Jakarta, Sabtu, 16 Oktober 2021.
 
Sementara dalam pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara-negara G20, Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo menyampaikan, pentingnya upaya global untuk mengatasi pandemi dan melanjutkan reformasi struktural guna mendorong pemulihan ekonomi yang lebih resilien, berkelanjutan dan inklusif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada kesempatan tersebut Dody juga menyebut, pentingnya menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan di tengah ketidakpastian perkembangan pandemi dan kenaikan inflasi di negara maju yang berpotensi menimbulkan efek rambatan kepada negara berkembang.
 
"Untuk itu, diperlukan koordinasi dan komunikasi kebijakan pada tataran global untuk memberikan gambaran yang jelas terhadap perkembangan dan kebijakan yang diimplementasikan," ungkapnya.
 
Dalam kesempatan tersebut Dody juga mengungkapkan, pentingnya melanjutkan upaya bersama dalam meningkatkan efisiensi cross border payment dan melanjutkan diskusi mengenai dimensi makrofinansial dan aspek interoperability dari Central Bank Digital Currency.
 
"Indonesia juga menyampaikan dukungan terhadap program IMF guna membantu negara miskin dan rentan dalam mengatasi pandemi dan mengatasi permasalahan ekonomi yang dihadapi," pungkas dia.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif