Gubernur BI Perry Warjiyo - - Foto: dok Antara
Gubernur BI Perry Warjiyo - - Foto: dok Antara

BI Minta Perusahaan BUMN Gunakan DNDF

Ekonomi bumn bank indonesia
Husen Miftahudin • 31 Maret 2020 19:23
Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo melobi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir untuk menginstruksikan perusahaan-perusahaan pelat merah menggunakan mekanismedomestic non deliverable forward (DNDF) dalam memenuhi kebutuhan valuta asing (valas). Mekanisme tersebut merupakan salah satu langkah dalam meningkatkan intensitas triple intervention di pasar keuangan.
 
"Kami berdiskusi dengan Pak Menteri Negara BUMN agar kebutuhan-kebutuhan valas dari BUMN bisa disediakan melalui DNDF," ujar Perry dalam telekonferensi dari kantor pusat Bank Indonesia, Jakarta, Selasa, 31 Maret 2020.

 
Perry juga mengharapkan para eksportir, investor global, dan berbagai pihak yang memerlukan valas untuk menggunakan mekanisme DNDF. Penggunaan DNDF diyakini mampu mengkover lindung nilai (hedging) dari nilai tukar.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami mengharapkan para eksportir atau berbagai pihak yang memerlukan dolar barangkali tidak bisa dipenuhi semuanya dari tunai maupun spot, tapi masuklah di dalam DNDF, itu preminya relatif murah dan bisa mengkover lindung nilai dari nilai tukar," ungkap dia.
 
Langkah-langkah yang dilakukan bank sentral selama sepekan terakhir akhirnya membuat nilai tukar rupiah kembali berotot. Sebab mekanisme pasar keuangan bergerak secara baik termasuk supply demand valuta asing (valas).
 
Membaiknya mekanisme pasar keuangan terlihat dari sisi pelaku antarbank. Bid-offer antarbank bergerak baik, demikian juga para eksportir dan berbagai pelaku usaha yang mensuplai pasokan valas,
 
"Sehingga hari ini rupiah diperdagangkan di sekitar Rp16.350 per USD. Oleh karena itu saya berterima kasih kepada pelaku pasar, dari perbankan maupun juga dari para investor dan para eksportir," pungkas Perry.

 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif