Ilustrasi. FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO
Ilustrasi. FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO

Covid-19 Mewabah, Harga Emas Antam Sepekan Kian Mahal

Ekonomi harga emas antam Berita Menarik Ekonomi Sepekan
Angga Bratadharma • 28 Maret 2020 11:31
Jakarta: Di tengah wabah virus korona atau covid-19, investor mulai mencari mana instrumen yang paling menguntungkan. Pada saat investor melepas kepemilikan saham lantaran berisiko tinggi di tengah ketidakpastian sekarang ini, logam mulia seperti emas justru tetap menjadi primadona.
 
Emas milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam), misalnya, dalam sepekan ini terlihat terus menanjak secara perlahan. Emas secara kontinu memperlihatkan kemilaunya, bahkan bukan tidak mungkin bisa menembus level Rp1 juta per gram. Hal tersebut bukan tanpa alasan lantaran ketidakpastian yang masih terjadi bisa dimanfaatkan oleh emas.
 
Berdasarkan data yang dihimpun Medcom.id dari laman Logam Mulia Antam, Sabtu, 28 Maret 2020, harga emas di awal pekan atau pada Senin, 23 Maret terlihat berada di posisi Rp898 ribu per gram. Kemudian pada Selasa, 24 Maret, harga emas Antam menanjak jadi Rp926 ribu per gram. Pada Rabu, 25 Maret, perdagangan emas diliburkan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian pada Kamis, 26 Maret, emas Antam kembali kinclong dan dibanderol sebesar Rp931 ribu per gram. Menutup pekan ini, atau Jumat, 27 Maret, harga emas Antam stabil di posisi Rp931 ribu per gram. Kondisi itu terjadi lantaran investor secara perlahan meninggalkan logam mulia dan kembali melirik pasar saham yang mulai bergairah.
 
Sementara itu, emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange jatuh pada akhir perdagangan Jumat waktu setempat (Sabtu WIB). Kondisi itu terjadi karena aksi ambil untung, meskipun dolar Amerika Serikat (UDS) melemah di tengah kekhawatiran terhadap ketersediaan fisik logam mulia.
 
Pada Sabtu, 28 Maret 2020, kontrak emas paling aktif untuk pengiriman April jatuh USD26,2 atau 1,59 persen menjadi USD1,625 per ons. Emas berjangka naik USD17,8 atau 1,09 persen menjadi USD1.651,2 sehari sebelumnya. Setelah harga emas naik terus selama sepekan terakhir, beberapa investor dengan posisi beli menutup posisi mereka untuk mengambil untung.
 
Emas telah naik lebih dari delapan persen sejauh minggu ini, didukung oleh lompatan terbesar dalam klaim pengangguran mingguan AS, dan langkah-langkah stimulus ekonomi Federal Reserve (Fed) AS yang belum pernah terjadi sebelumnya.
 
Semetara itu, logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Mei turun sebanyak 14,2 sen atau 0,97 persen menjadi USD14,534 per ons. Sedangkan platinum untuk pengiriman April naik sebanyak USD3,2 atau 0,43 persen menjadi USD740,3 per ons.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif