Ilustrasi. FOTO: MI/USMAN ISKANDAR
Ilustrasi. FOTO: MI/USMAN ISKANDAR

BI Dorong Program Peningkatan Ekonomi Daerah via UMKM

Ekonomi Bank Indonesia UMKM ekonomi daerah UMKM Indonesia
Antara • 12 Mei 2022 11:01
Samarinda: Bank Indonesia (BI) memberikan perhatian serius dengan mendorong program dan kebijakan untuk meningkatkan perekonomian di daerah melalui pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
 
"Untuk kebijakan andalan, kita akan mendorong UMKM-UMKM di daerah karena UMKM adalah tulang punggung atau penyangga perekonomian nasional," kata Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti, di Samarinda, dilansir dari Antara, Kamis, 12 Mei 2022.
 
Destry mengatakan UMKM binaan BI dengan era sekarang sudah bisa mendapatkan manfaat dari penerapan e-commerce dan digitalisasi. Mereka sudah bisa memanfaatkan pemasaran melalui e-commerce. Digitalisasi akan menjadi pengembangan bisnis UMKM ke depan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bank Indonesia siap membantu secara total bagaimana memberdayakan UMKM bersama OJK dan perbankan untuk menyalurkan sektor-sektor prioritas nasional maupun daerah," jelasnya.
 
Menurut dia, tantangan di Kaltim tahun ini juga tidak mudah karena pertumbuhan ekonomi sedikit terhambat karena adanya kebijakan larangan ekspor CPO dan adanya biaya pengiriman yang tinggi. Meski ekonomi Kaltim tumbuh positif 1,9 persen, menurut Destry, ini masih akan menjadi tantangan tersendiri bagi Benua Etam.
 
Hal lain yang juga perlu diwaspadai adalah tingginya angka inflasi dengan saat ini angka inflasi Kaltim sudah mencapai 3,9 persen.
 
"Karena itu, mari kita bersama bergandengan tangan, Bank Indonesia dengan pemerintah daerah dan seluruh instansi terkait untuk bersinergi mendorong pertumbuhan ekonomi di Kaltim yang kita cintai sambil menjaga inflasi yang tendensinya terus naik," pungkas Destry Damayanti.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif