Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (BEI) - - Foto: MI/ Panca Syurkani
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (BEI) - - Foto: MI/ Panca Syurkani

Bursa Kembali Berlakukan Sesi Pre-Opening

Ekonomi bursa efek bursa saham BEI pasar modal pasar saham
Annisa ayu artanti • 04 September 2020 13:27
Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali mengadakan sesi perdagangan pra pembukaan ataupre-opening serta perubahan acuan harga di pasar reguler dan pasar tunai atas perdagangan saham.
 
Melalui keterangan tertulis yang dikutipMedcom.id, Jumat, 4 September 2020, manajemen bursa menyatakan pemberlakuan tersebut berdasarkan Surat Perintah Kepala Departemen Pengawasan Pasar Modal 2A Otoritas Jasa Keuangan tanggal 1 September 2020 Nomor: S-829/PM.21/2020 perihal Perintah Penyesuaian Perdagangan pada Sesi Pra Pembukaan di Bursa Efek.
 
Selain itu, bursa juga menindaklanjuti Surat Keputusan Direksi PT Bursa Efek Indonesia Nomor: Kep00063/BEI/09-2020 perihal Acuan Harga di Pasar Reguler dan Pasar Tunai, serta Pengumuman PT Bursa Efek Indonesia Nomor: Peng-00272/BEI.POP/09-2020 tentang Saham yang Dapat Diperdagangkan melalui Sesi Pra-pembukaan di Pasar Reguler.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ketentuan tersebut berlaku efektif sejak Senin, 7 September 2020 sampai dengan batas waktu yang akan ditetapkan kemudian," kata manajemen BEI, Jumat, 4 September 2020.
 
Bursa Kembali Berlakukan Sesi <i>Pre-Opening</i>
 
Sementara, Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Laksono Widodo mengatakan waktupre-openingyaitu 10 menit pertama jelang pembukaan perdagangan pada pukul 09.00 waktu JATS.
 
"Supaya pasar lebih teratur dan efisien, dalam hal ini menghindari penumpukan order di awal pembukaan pasar pukul 09.00 yang kadang mengakibatkan macetnya aliran informasi data antara bursa dan para AB (anggota bursa)," jelas Laksono.
 
Adapun, pemberlakuan pre-opening pada 7 September nanti akan berbeda dengan kondisi normal. Sebab, pemberlakukan batas atas dan batas bawah nantinya akan diberlakukan hanya satu kali.
 
"Pre-openingsebelumnya masih memberikan ruang untuk dua kaliauto rejection(selama masa pre-opening dan sekali lagi di jam perdagangan normal), sementarapre-openingsaat ini hanya memberikan ruang untuk satu kali autorejection(selama masapre-openingdan jam perdagangan)," jelasnya.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif