Ilustrasi. Foto: dok MI/Pius Erlangga.
Ilustrasi. Foto: dok MI/Pius Erlangga.

Rupiah Masih Keok Lawan Dolar AS

Ekonomi rupiah rupiah melemah Kurs Rupiah
Ade Hapsari Lestarini • 08 September 2021 16:37
Jakarta: Kurs rupiah hingga penutupan perdagangan sore ini masih melemah menghadapi dolar Amerika Serikat (AS). Pelemahan mata uang Garuda ini sudah terjadi sejak pembukaan perdagangan.
 
Mengutip Bloomberg, Rabu, 8 September 2021, rupiah melemah menjadi Rp14.252 per USD dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya di level Rp14.212 per USD.
 
Rupiah terpantau melemah 40 poin atau setara 0,28 persen. Adapun rentang gerak rupiah berada di kisaran Rp14.235-Rp14.277 per USD. Sementara year to date (ytd) return terpantau sebesar 1,44 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu melansir data Yahoo Finance, rupiah diperdagangkan di posisi Rp14.250 per USD. Gerak rupiah terpantau melemah delapan poin atau setara 0,06 persen dibandingkan penutupan sebelumnya di level Rp14.258 per USD.
 
Sedangkan berdasarkan data kurs referensi Bank Indonesia, Jakarta Interbank Spot Dolar Rate (Jisdor), rupiah diperdagangkan ke posisi Rp14.266 per USD.
 
Analis pasar uang Bank Mandiri Rully Arya mengatakan pelemahan rupiah ini disebabkan adanya aksi ambil untung.
 
"Pelemahan rupiah hari ini memang menunjukkan ada faktor teknikal dan pasar sudah mulai melakukan profit taking setelah menguat cukup signifikan dalam beberapa hari terakhir," kata Rully, dilansir Antara.
 
Meski demikian, Rully menilai pergerakan nilai tukar rupiah masih akan cukup stabil ke depan.
 
"Selain itu, juga ada faktor global yang berpengaruh yaitu rebound dolar AS terhadap beberapa mata uang lainnya. Terlihat indeks dolar AS rebound dan saat ini berada pada level 92,58," pungkas Rully.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif