Telkom. Foto : Telkom.
Telkom. Foto : Telkom.

Telkom Anggarkan Rp1,5 Triliun untuk Buyback Saham

Ekonomi telkom
Annisa ayu artanti • 30 Maret 2020 12:32
Jakarta: PT Telekomunikasi Indonesia Tbk berencana melakukan pembelian kembali (buyback) saham sebesar Rp1,5 triliun yang telah tercatatkan di Bursa Efek Indonesia.
 
Berdasarkan keterbukaan informasi BEI, Senin, 30 Maret 2020 perusahaan telah menganggarkan dana sebesar Rp1,5 triliun untuk aksi buyback tersebut lantaran melihat kondisi pasar yang terus berfluktuasi.
 
Manajemen menjelaskan kondisi perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak awal 2020 sampai dengan 9 Maret 2020 mengalami tekanan karena kondisi perekonomian regional dan global melambat akibat dari penyebaran wabah virus korona (covid-19).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sesuai dengan POJK 2/2013 dan SEOJK 3/2020, manajemen juga menuturkan, jumlah saham yang akan dibeli kembali tidak akan melebihi 20 persen dari jumlah modal disetor, dengan ketentuan paling sedikit saham yang beredar adalah 7,5 persen dari modal disetor dalam perseroan.
 
"Pembelian kembali saham akan dilakukan secara bertahap dalam periode tiga bulan terhitung sejak 30 Maret 2020 sampai dengan 29 Juni 2020," jelas manajemen Telkom, Senin, 30 Maret 2020.
 
Manajemen Telkom menunjuk PT Bahana Sekuritas sebagai perantara pedagang efek untuk buyback ini.
 
Adapun, alokasi dana untuk melaksanakan buyback ini berasal dari saldo laba perseroan per 30 September 2019. Penggunaan saldo laba tersebut diklaim tidak akan menyebabkan kekayaan bersih perseroan menjadi lebih kecil dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh ditambah cadangan wajib yang telah disisihkan.
 
"Perseroan berkeyakinan bahwa pelaksanaan transaksi pembelian kembali saham tidak akan memberikan dampak negatif yang material terhadap kegiatan usaha perseroan mengingat perseroan memiliki modal kerja dan cash flow yang cukup untuk melaksanakan pembiayaan transaksi bersamaan dengan kegiatan usaha perseroan," katanya.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif