Perusahaan pembiayaan turut mendukung upaya pemerintah meningkatkan inklusi keuangan nasional. Foto: Dok.MI
Perusahaan pembiayaan turut mendukung upaya pemerintah meningkatkan inklusi keuangan nasional. Foto: Dok.MI

Perusahaan Pembiayaan Dukung Upaya Pemerintah Tingkatkan Inklusi Keuangan

Ekonomi inklusi keuangan Fintech
Husen Miftahudin • 07 Oktober 2020 14:17
Jakarta: Perusahaan pembiayaan (leasing) berbasis digital Akulaku Finance mendukung upaya pemerintah meningkatkan inklusi keuangan nasional dengan turut berpartisipasi dalam pameran virtual Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2020 yang diadakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 5 Oktober hingga 3 November 2020.
 
"Kami berharap usaha kampanye dan kolaborasi dari 300 lembaga jasa keuangan dalam BIK 2020 dapat membantu menstimulasi ekonomi nasional dan semakin meningkatkan tingkat inklusi keuangan dan akses pendanaan bagi masyarakat Indonesia," kata Presiden Direktur Akulaku Finance Indonesia Efrinal Sinaga dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 7 Oktober 2020.
 
Kegiatan BIK 2020 yang dihelat OJK diharapkan mampu mendongkrak indeks inklusi keuangan yang sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. Indeks inklusi keuangan Indonesia saat ini masih 76,2 persen, dan diharapkan menjadi di atas 90 persen dalam waktu tiga tahun ke depan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Efrinal mengungkapkan Akulaku Finance mencoba bergerak seiring dengan upaya pemerintah dalam hal peningkatan indeks inklusi keuangan nasional. Di antaranya adalah dengan menyiapkan program-program webinar edukatif mengenai inklusi keuangan, dan juga menawarkan berbagai promo pembiayaan yang dilakukan dengan konsep contactless dan cashless.
 
Akulaku Finance secara konsisten dan terus menerus akan tetap fokus dalam meningkatkan inklusi keuangan masyarakat hingga pascaberakhirnya BIK melalui kegiatan-kegiatan edukasi dan kolaborasi dengan berbagai pelaku sektor industri keuangan. Efrinal pun mengundang masyarakat untuk mencoba layanan digital pembiayaan Akulaku Finance selama masa partisipasi di BIK 2020.
 
"Bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai layanan keuangan inklusif di ekosistem Akulaku dapat langsung mengunjungi situs www.bik2020.id, masuk ke fitur BIK Expo, dan mencari booth virtual dari Akulaku Finance di cluster pembiayaan 2 dan penjaminan," jelas Efrinal.
 
Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sarjito sebelumnya mengatakan, rangkaian BIK 2020 dilaksanakan untuk mendukung pemulihan perekonomian nasional dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap produk dan layanan jasa keuangan, serta mendorong akselerasi penambahan jumlah rekening maupun jumlah produk atau layanan jasa keuangan.
 
"Dengan berbagai kegiatan literasi keuangan dan perlindungan konsumen kami melibatkan lembaga jasa keuangan, perbankan dan juga e-commerce dan financial technology untuk penyaluran kredit pembiayaan UMKM, pembukaan rekening serta berbagai penjualan jasa keuangan dan juga berbagai macam promo khusus untuk menarik minat masyarakat dalam memeriahkan Bulan Inklusi Keuangan 2020 ini," ucap Sarjito dalam pembukaan kegiatan BIK 2020 secara virtual, Senin, 5 Oktober 2020.
 
Dengan mempertimbangkan kondisi pembatasan kegiatan sosial saat ini, rangkaian acara BIK 2020 diadakan secara virtual. Salah satunya juga dengan menjalankan virtual expo melalui portal online, yang terdapat 300 booth yang akan menampilkan promo produk/program melalui video, e-poster, e-flyer dari kementerian, lembaga jasa keuangan, perbankan, dan e-commerce atau financial technology (fintech).
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif