Foto: dok MI.
Foto: dok MI.

IHSG Fluktuatif Memasuki Periode Rilis Kinerja Emiten Kuartal III

Ekonomi IHSG Emiten Saham
Ade Hapsari Lestarini • 23 Oktober 2020 08:37
Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih berpotensi datar pada perdagangan akhir pekan ini. Investor tampak wait and see menunggu rilis kinerja emiten pada kuartal III-2020.
 
"Menutup akhir pekan kami melihat IHSG masih berpotensi melanjutkan pergerakan sideways, di tengah memasuki periode rilis kinerja keuangan emiten periode kuartal III-2020," ungkap tim analis Samuel Sekuritas Indonesia, dalam hasil risetnya, Jumat, 23 Oktober 2020.
 
Pergerakan sideways diartikan sebuah kondisi saat pasar sedang bergerak datar, karena terjadi keraguan dalam pasar saham. Gerak bull dan bearish yang sama kuatnya menyebabkan sideways.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Faktor pendukung gerak IHSG lainnya yakni Bank Indonesia (BI) dikabarkan kembali membeli Surat Utang Negara (SUN) dengan cara private placement senilai total Rp22,87 triliun.
 
"Pembelian ini merupakan transaksi kelima dalam rangka burden sharing pembiayaan public goods pada program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)," tambah riset itu.
 
Di sisi lain, Gubernur BI Perry Warjiyo menyatakan inflasi di akhir 2020 akan tetap rendah, di bawah dua persen. Sementara ia memperkirakan akan membaik di 2021.
 
Selain itu rilis data ekonomi terbaru Amerika Serikat (AS), Initial Jobless Claims berjumlah 787 ribu, lebih baik dari perkiraan konsensus pasar dan merupakan level terendah sejak memasuki periode pandemi.
 
Bursa saham AS selanjutnya ditutup menguat, dipimpin oleh Dow Jones naik 0,54 persen, diikuti S&P 500 menguat 0,52 persen, dan Nasdaq naik 0,19 persen. Sementera 10 year treasury AS melanjutkan tren kenaikan sejak awal pekan, hingga saat ini berada di level 0,865 persen.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif