Ilustrasi. Foto: MI/Rommy Pujianto
Ilustrasi. Foto: MI/Rommy Pujianto

OJK Dukung Program Digital Kredit UMKM

Ekonomi OJK Kredit UMKM
Husen Miftahudin • 17 September 2021 10:37
Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menegaskan komitmen dan dukungannya terhadap program Digital Kredit UMKM (DigiKU). Hal tersebut agar para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bisa memanfaatkan teknologi sebagai salah satu alternatif pembiayaan bagi UMKM.
 
DigiKU merupakan program penyaluran kredit untuk UMKM yang disediakan oleh pemerintah melalui Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) sebagai bagian dari gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo.
 
"OJK juga telah berpartisipasi aktif selama persiapan pembentukan DigiKu yang telah diluncurkan pertama kali pada Juli 2020," ungkap Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik OJK Anto Prabowo dalam siaran persnya, Jumat, 17 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagai bagian dukungannya, OJK berencana menyelenggarakan Webinar pada Sabtu, 18 September 2021, yang akan melibatkan perbankan, pengusaha UMKM, dan penyedia platform digital.
 
"Webinar tersebut diharapkan bisa memunculkan business matching yang menghubungkan antara pelaku UMKM dengan penyedia sumber pembiayaan," harap Anto.
 
Sebelumnya Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengharapkan agar program DigiKU dapat mempercepat akses keuangan ke seluruh daerah sehingga mampu mendorong perekonomian secara nasional.
 
"Dengan digitalisasi ini, OJK selalu mendorong. Karena tanpa platform digital, semua lembaga kan tidak menjadi kompetitif lagi. Kalau lembaga keuangannya siap, kita siap semua," kata Wimboh, Senin, 20 Juli 2020.
 
Wimboh menuturkan bahwa OJK, pemerintah, Himbara, dan pelaku ekosistem digital sebagai bagian dari BBI menyediakan produk pinjaman berbasis digital kepada para pelaku UMKM.
 
"OJK bersama pemerintah, Himbara, dan e-commerce berkolaborasi untuk membantu mendorong UMKM digital yang kreatif, inovatif, dan berbasis teknologi. Gerakan bersama ini bertujuan untuk mendukung para UMKM digital di era new normal (kenormalan baru)," tuturnya.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif