Ilustrasi BRI - - Foto: MI/ Irfan
Ilustrasi BRI - - Foto: MI/ Irfan

BRI Salurkan Rp24,94 Triliun Dana Pemerintah ke UMKM

Ekonomi Kredit bri UMKM
Antara • 30 Juli 2020 16:14
Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menyalurkan dana pemerintah sebesar Rp24,94 triliun kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dana tersebut disalurkan dalam waktu satu bulan sejak penempatan dana pemerintah sebesar Rp10 triliun.
 
"Rasanya kalau melihat seperti ini tidak sampai tiga bulan sudah tercapai Rp30 triliun," kata Direktur Utama BRI Sunarso, dikutip dari Antara, Kamis, 30 Juli 2020.
 
Dengan penyerapan itu, lanjut dia, menandakan permintaan yang tinggi di sektor UMKM seiring pelonggaran kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah. Realisasi kredit modal kerja itu diterima oleh 583.654 debitur UMKM di seluruh Indonesia. Sasaran realisasi kredit produktif diarahkan untuk sektor pangan dan produksi pangan, distribusi atau rantai pasok pangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari realisasi Rp24,94 triliun, kredit mikro kredit usaha rakyat (KUR) menyerap sebesar Rp10,27 triliun untuk 404,979 debitur. Kemudian, debitur sektor usaha mikro non-KUR sebesar Rp7,81 triliun kepada 165.519 debitur dan kredit ritel menengah di luar cash call dan konsumer mencapai Rp6,86 triliun kepada 13.156 debitur.

 
"Segmennya mikro, sektornya adalah pangan dan terkait pangan. Sebarannya di seluruh Indonesia tidak pilih-pilih. Kami ada 19 kantor wilayah tapi memang jumlah nasabah dan portofolio terbesar masih di Jawa," terang dia.
 
BRI sebelumnya mendapatkan alokasi dana pemerintah sebesar Rp10 triliun dari total dana pemerintah yang digelontorkan mencapai Rp30 triliun kepada tiga bank BUMN lainnya. Bank BUMN tersebut berkomitmen menyalurkan dana pemerintah hingga tiga kali lipat atau Rp30 triliun.
 
"Artinya kami harus tambahkan dana masyarakat yang kami himpun dari tabungan, deposito dan giro dan kami salurkan lagi kepada masyarakat dalam bentuk kredit terutama UMKM tiga kali lipat," pungkas dia.

 

(Des)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif