Ilustrasi. FOTO: MI/M IRFAN
Ilustrasi. FOTO: MI/M IRFAN

BNI Manado Siap Salurkan Program Banpres Produktif

Ekonomi bni Virus Korona bansos
Antara • 09 Oktober 2020 12:02
Manado: PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) atau BNI Manado siap menyalurkan program Bantuan Presiden (Banpres) produktif bagi pelaku usaha mikro nasabah Mekaar PNM di daerah tersebut. Penyaluran itu diharapkan bisa menggeliatkan kembali aktivitas perekonomian yang sempat terhantam covid-19.
 
Head of Region (HOR) BNI Wilayah Manado Koko Prawira Butar-Butar mengatakan BNI kembali ditunjuk pemerintah untuk berpartisipasi menyukseskan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) saat pandemi covid-19.
 
BNI telah memiliki komitmen yang kuat untuk mendukung program Pemerintah terutama dalam pemberdayaan kaum wanita khususnya kaum Ibu yang berada dalam kalangan pra sejahtera yang sudah menerima pembiayaan dari PT PNM (Persero). BNI dipilih menjadi bank distributor karena mampu menyediakan sistem penyaluran yang terintegrasi secara baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"BNI juga mampu memberikan kemudahan penerima dalam proses pembuatan rekening, yakni dengan sistem buka rekening kolektif. Melalui sistem burekol, penerima manfaat Banpres Produkti hanya perlu melakukan proses aktivasi rekening sebelum buku tabungan dan kartu debit dapat diambil di outlet BNI," ujarnya, dikutip dari Antara, Jumat, 9 Oktober 2020.
 
Kerja sama ini BNI juga akan memberikan akses dan layanan perbankan yang dapat dipergunakan oleh para nasabah Mekaar PNM. Selain itu, BNI mendukung program pemerintah dengan menyalurkan Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro bagi nasabah Mekaar melalui Kartu Mekaar dan program-program lainnya dari PNM melalui Kementerian Koperasi.
 
Dia menyampaikan bantuan pemerintah program BPUM tersebut adalah bantuan dalam bentuk uang yang diberikan kepada pelaku usaha mikro yang bersumber dari APBN dengan tujuan untuk membantu pelaku usaha mikro agar mampu bertahan dalam menjalankan usaha di tengah krisis akibat pandemi covid-19 dalam rangka program PEN.
 
Bantuan BPUM tersebut diberikan satu kali dalam bentuk uang sejumlah Rp2,4 juta yang disalurkan langsung ke rekening penerima BPUM yang tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan.
 
Penerima Program BPUM ini dapat berasal dari usulan PNM maupun dari Kementerian Koperasi RI atau Lembaga lain sesuai ketentuan yang berlaku. Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro bagi nasabah Mekaar bukan merupakan pinjaman atau kredit, melainkan hibah.
 
Khusus provinsi Sulawesi Utara alokasi Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM) sebanyak 43.994 nasabah Mekaar PNM atau senilai Rp105 miliar. Posisi tanggal 07/10/2020 total penyerapan mencapai 1,87 persen atau sebanyak 892 nasabah Mekaar PNM senilai Rp 2,14 miliar.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif