OJK. Foto : Mi/Ramdani.
OJK. Foto : Mi/Ramdani.

Permudah Masyarakat Selesaikan Sengketa, OJK Dukung Integrasi LAPS SJK

Ekonomi OJK Saham jasa keuangan
Husen Miftahudin • 15 September 2021 09:33
Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendukung beroperasinya Lembaga Alternatif Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK) yang terintegrasi untuk memudahkan masyarakat dalam mengupayakan penyelesaian sengketanya di sektor jasa keuangan.
 
"Jika penyelesaian pengaduan di lembaga jasa keuangan tidak mencapai kesepakatan sehingga timbul sengketa, konsumen dapat melakukan upaya penyelesaian sengketa di luar pengadilan melalui LAPS SJK," ucap Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot dalam keterangan resminya, Rabu, 15 September 2021.
 
Mengutip laman instagram terverifikasi OJK @ojkindonesia, penyelesaian sengketa yang dapat diselesaikan melalui LAPS SJK bersifat perdata, yakni berkaitan dengan penempatan dana konsumen di lembaga jasa keuangan serta pemanfaatan produk dan layanan di lembaga jasa keuangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terdapat delapan sektor industri jasa keuangan yang dilayani LAPS SJK, antara lain fintech, perbankan, pembiayaan, penjaminan, dana pensiun, pasar modal, modal ventura, hingga perasuransian.
 
Adapun penyelesaian sengketa ke LAPS SJK disampaikan terlebih dahulu kepada lembaga jasa keuangan terkait yang disebut dengan internal dispute resolution. Jika belum muncul kesepakatan, bisa menggunakan cara alternatif dengan menyampaikan kepada LAPS SJK yang disebut dengan proses external dispute resolution.
 
Pada tahapan external dispute resolution, konsumen menyampaikan permohonan penyelesaian sengketa yang kemudian dokumen permohonan diverifikasi oleh LAPS SJK. Lalu, konfirmasi penerimaan permohonan penyelesaian sengketa.
 
Selanjutnya pemilihan atau penunjukan pihak ketiga; proses penyelesaian sengketa melalui mediasi, ajudikasi, atau arbitrase; tercapai kesepakatan; terakhir LAPS SJK melakukan monitoring terhadap pelaksanaan kesepakatan.

 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif