IHSG. Foto : MI.
IHSG. Foto : MI.

Profit Taking Masih Hantui Gerak IHSG

Ekonomi ihsg pasar saham
Annisa ayu artanti • 02 Juni 2020 09:39
Jakarta: Laju Indeks harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diprediksi melemah karena dibayangi oleh aksi profit taking yang dilakukan investor.
 
Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper menyebut IHSG hari ini akan diperdagangkan di level support 4.686-4.719 dan resistance 4.770-4.788.
 
"IHSG diprediksi melemah. Secara teknikal indikator stochastic mulai menyempit dan mendekati area overbought mengindikasikan potensi penguatan mulai terbatas," kata Dennies dalam riset hariannya, Selasa, 2 Juni 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dennies mengatakan sejauh ini risiko perekonomian akibat virus korona (covid-19) masih menjadi poin utama yang menggerakkan IHSG.
 
Lebih lanjut, kata Dennies, kerusakan yang terjadi di beberapa kota besar Amerika Serikat pun belum direspons oleh para investor. Investor masih fokus pada pembukaan perekonomian setelah karantina.
 
Oleh karena itu, bursa Amerika Serikat pun masih ditutup menguat. Dow Jones ditutup menguat 0,36 persen, NASDAQ menguat 0,66 persen, S&P 500 menguat 0,38 persen.
 
Sedangkan dari bursa Asia tercatat masih menguat didukung oleh data ekonomi Tiongkok yang menunjukan aktifitas pabrik mulai berkembang. Data PMI China berada pada 50,6 masih berkembang meskipun dibawah ekspektasi analis pada level 5,1.
 
Meski diprediksi melemah oleh Dennies, Analis Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan IHSG masih berpeluang bergerak di zona hijau. IHSG diramalkan akan diperdagangkan di level support 4.331-4.810.
 
"Perjalanan kenaikan IHSG terlihat masih bersifat teknikal rebound, kenaikan masih mungkin dapat terjadi mengingat IHSG sedang berusaha menggeser rentang konsolidasinya ke arah yang lebih baik," jelasnya.
 
Menurutnya, menjelang rilis data perekonomian tingkat inflasi pada hari ini disinyalir masih berada dalam kondisi terkendali turut memberikan sentimen positif terhadap pergerakan IHSG,
 
"Hari ini IHSG berpeluang bergerak pada zona hijau," tukasnya.
 
Beberapa saham yang bisa dicermati investor hari ini adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Astra International Tbk (ASII), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT XL Axiata Tbk (EXCL), dan PT Gudang Garam Tbk (GGRM).

 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif