Foto: dok MI.
Foto: dok MI.

Kurs Rupiah Pagi Ini Menguat

Ekonomi rupiah menguat Kurs Rupiah
Ade Hapsari Lestarini • 05 Oktober 2020 09:40
Jakarta: Kurs rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin pagi, menguat 45 poin atau 0,3 persen menjadi Rp14.820 per USD dari sebelumnya Rp14.865 per USD.
 
Namun demikian, tak beberapa lama, mata uang Garuda ini terpantau merosot. Namun tidak terlalu dalam.
 
Mengutip Bloomberg, Senin, 5 Oktober 2020, gerak rupiah terus turun hingga 14,5 poin atau setara 0,10 persen ke posisi Rp14.850 per USD.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun rentang gerak rupiah berada di kisaran Rp14.815-Rp14.850 per USD. Sementara year to date (ytd) return terpantau sebesar 7,10 persen.
 
Sedangkan mengutip data Yahoo Finance, rupiah diperdagangkan di posisi Rp14.667 per USD.
 
Associate Director Fixed Income Anugerah Sekuritas Indonesia Ramdhan Ario Maruto menilai likuiditas di pasar domestik maupun global masih cukup baik. Dengan tren suku bunga rendah, otomatis pelaku pasar harus mencari penempatan instrumen investasi yang lebih optimal. Akhirnya, tidak sedikit yang beralih ke Surat Utang Negara (SUN).
 
"Surat Berharga Negara (SBN) kita ini cukup stabil, juga seperti rupiah. Keduanya beriringan. Kalau rupiah menguat, kecenderungan SBN kita akan menguat. Dalam seminggu ke depan, dia akan bergerak dalam rentang yang sempit untuk SBN maupun rupiah," ujar Ramdhan saat dihubungi, Minggu, 4 Oktober 2020.
 
Dalam sebulan terakhir, rupiah tergolong stabil di kisaran gerak sempit, yakni Rp14.700-Rp14.900 per USD. Ini disebabkan kekuatan pasar domestik cukup baik dalam menopang rupiah dan SUN.
 
Dia memperkirakan rupiah dalam sepekan ke depan bergerak dengan rentang tipis, baik melemah maupun menguat. Adapun kisarannya pada Rp14.800-Rp14.950 per USD.
 
"Tingkat kehati-hatiannya tinggi di pasar. Bergeraknya (rupiah) akan variatif. Sebab, belum ada stimulus yang mendongkrak pasar rupiah. Apalagi di eksternal ketidakpastian meningkat kembali," paparnya.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif