Foto: dok MI/Susanto.
Foto: dok MI/Susanto.

Jawara! Kurs Rupiah Kembali Tembus Rp14 Ribu/USD

Ekonomi rupiah menguat Kurs Rupiah
Ade Hapsari Lestarini • 21 Januari 2021 16:59
Jakarta: Kurs rupiah pada penutupan perdagangan sore ini terus bergerak menguat sejak perdagangan pagi. Rupiah tak mengikuti pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang justru tertekan sore ini.
 
Mengutip Bloomberg, Kamis, 21 Januari 2021, rupiah menguat 35 poin atau setara 0,25 persen menjadi Rp14 ribu per USD dibandingkan penutupan perdagangan kemarin di level Rp14.035 per USD.
 
Kondisi nilai tukar rupiah sudah terpantau menguat sejak pembukaan perdagangan yang sempat berada pada posisi Rp14.022 per USD.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun rentang gerak rupiah berada di kisaran Rp14.000-Rp14.035 per USD. Sementara year to date (ytd) return terpantau sebesar -0,36 persen.
 
Sedangkan mengutip data Yahoo Finance, rupiah diperdagangkan di posisi Rp13.817 per USD. Selain itu berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dolar Rate (Jisdor), rupiah diperdagangkan di posisi Rp14.039 per USD.
 
Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures sebelumnya memprediksi gerak rupiah masih berpeluang menguat terhadap dolar AS.
 
"Rupiah berpotensi menguat didukung optimisme pasar terhadap potensi pemulihan ekonomi AS yang lebih cepat dan rencana stimulus fiskal besar AS di bawah kepemimpinan Joe Biden," ujar Ariston.
 
Menurut Ariston, optimisme tersebut mendorong pelaku pasar kembali masuk ke aset berisiko dan mendorong pelemahan dolar AS. Di sisi lain, lanjutnya, pasar masih mewaspadai kenaikan kasus positif covid-19 di Tanah Air.
 
"Hal tersebut bisa memicu pembatasan aktivitas ekonomi yang lebih panjang, yang bisa memicu pelemahan nilai tukar rupiah lagi," kata Ariston.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif