Kurs rupiah pekan depan diramal melemah. Foto: Dok.MI
Kurs rupiah pekan depan diramal melemah. Foto: Dok.MI

Nilai Tukar Rupiah Diprediksi Melemah Pekan Depan

Ekonomi Kurs Rupiah
Media Indonesia • 09 Agustus 2020 19:24
Jakarta: Pergerakan nilai tukar (kurs) rupiah pada pekan depan diperkirakan mengalami penurunan atau melemah pada kisaran Rp14.450-Rp14.800 per USD.
 
Menurut Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra pelemahan ini disebabkan oleh beberapa faktor dari dalam negeri maupun luar negeri.
 
"Pekan depan pasar akan memerhatikan perkembangan hubungan AS-Tiongkok yang makin memanas dan pembicaraan paket stimulus kedua AS yang masih menemui deadlock, di samping perkembangan penularan covid-19 yang masih terus meninggi," ungkap Ariston yang dikutip dari Media Indonesia, Minggu, 9 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lebih lanjut, Ariston menuturkan bahwa faktor-faktor tersebut dikatakan bisa memberikan sentimen negatif ke aset berisiko, termasuk rupiah.
 
Sementara itu dari dalam negeri, sentimen negatif terhadap kurs rupiah akan datang dari potensi resesi di Indonesia.
 
"Indikasi pemulihan ekonomi dan kelancaran distribusi stimulus pemerintah bisa membantu memperbaiki sentimen," sambungnya.
 
Perlu diketahui bahwa Jumat pekan ini, pasar mendapati data tenaga AS pada Juli dirilis lebih bagus dari proyeksi seperti data Non Farm Payrolls dan data tingkat pengangguran yang mengindikasikan pemulihan ekonomi masih berlangsung di AS.
 
"Ini bisa mendorong penguatan USD di awal pekan," pungkas Ariston.

 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif