Ilustrasi BCA. Foto: MI/ IMMANUEL ANTONIUS
Ilustrasi BCA. Foto: MI/ IMMANUEL ANTONIUS

Fitch Ratings Pangkas Peringkat BCA Jadi BBB-

Ekonomi perbankan bca
Annisa ayu artanti • 30 Maret 2020 13:27
Jakarta: Lembaga pemeringat internasional Fitch Ratings menurunkan peringkat PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dari BBB menjadi BBB- dengan outlook stabil.
 
Penurunan pemeringkatan ini mengikuti revisi peringkat lingkungan operasi sektor perbankan Indonesia yang juga dipangkas dari BBB- menjadi BB+ akibat adanya wabah virus korona (covid-19).
 
Corporate Secretary BCA Raymon Yonarto mengatakan dalam rilis resmi Fitch Ratings disebutkan bahwa outlook BCA stabil. Hal itu mencerminkan keyakinan Fitch Ratings bahwa penyangga BCA baik dalam hal pendapatan, cadangan, dan modal yang cukup memadai untuk menyerap potensi kerugian jangka pendek yang timbul dari pandemi covid-19.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Menurut penilaian Fitch Ratings, LT issuer default rating BCA yang baru BBB- tetap berada satu level lebih tinggi dari pada lingkungan operasi sektor perbankan nasional BB+," kata Raymon dalam laporannya di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin, 30 Maret 2020.
 
Dari sisi keuangan, katanya, BCA akan terus menjaga posisi likuiditas dan permodalan yang solid.
 
"Kami akan memantau kondisi kualitas kredit dengan melakukan komunikasi secara aktif dengan para debitur dan regulator. Sedangkan fungsi intermediasi dijalankan dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian.
 
Lebih lanjut, Raymond menambahkan, BCA juga terus memantau dan mengkaji dampak situasi terkini terhadap strategi bisnis dan kinerja keuangan, serta memastikan business continuity plan berjalan dengan baik termasuk melakukan aktivitas pencegahan penyebaran covid-19 yaitu dengan menyesuaikan kegiatan operasional serta work from home (WFH).
 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif