Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso. Foto : Mi/Ramdani.
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso. Foto : Mi/Ramdani.

Bank Buku IV Sokong Pertumbuhan DPK

Ekonomi Perbankan
Husen Miftahudin • 05 Agustus 2020 21:26
Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) sepanjang kuartal II-2020 tumbuh sebesar 7,95 persen secara tahunan atau year on year (yoy).
Pertumbuhan ini disokong oleh penghimpunan dana yang dilakukan oleh kelompok Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) IV atau bank dengan modal inti lebih dari Rp30 triliun.
 
"DPK tumbuh sebesar 7,95 persen (yoy) didorong oleh pertumbuhan DPK BUKU IV yang mencapai double digit, yaitu 11,90 persen (yoy)," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dalam telekonferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), Rabu, 5 Agustus 2020.
 
Menurut Wimboh, tingginya penghimpunan dana yang dikumpulkan bank BUKU IV sebagai dampak atas bertambahnya jumlah bank pada kelompok ini. Saat ini kelompok BUKU IV berjumlah tujuh bank sejak Mei 2020, dari sebelumnya enam bank.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di tengah permintaan kredit yang masih lemah, rasio pinjaman terhadap simpanan atau loan to deposit ratio (LDR) menunjukkan tren penurunan. Pada kuartal II-2020, tingkat LDR berada di level 88,64 persen atau berada di bawah level normal yang biasanya di atas 90 persen.
 
"Kalau kita lihat ini di kuartal I-2020, itu LDR-nya pada saat itu mencapai 91,55 persen. Ini luar biasa, biasanya LDR di atas 90 persen," ucap Wimboh.
 
Di sisi lain, Wimboh mengatakan pertumbuhan kredit sudah mengalami perbaikan. Data per 22 Juli 2020 pertumbuhan kredit industri perbankan membaik menjadi 2,27 persen dari level Juni yang hanya mampu tumbuh sebesar 1,49 persen.
 
"Kami mengharapkan data pada penutupan akhir Juli nanti akan tetap konsisten tumbuh positif, bahkan kita harapkan akan lebih meningkat seiring dengan berbagai rencana perbankan untuk menyalurkan kredit dengan memanfaatkan dana yang disimpan oleh pemerintah di perbankan, terutama Himbara dan perbankan yang lainnya. Ini memberikan sentimen positif bagi tumbuhnya perkreditan yang tentunya akan berakibat pada perekonomian ke depan," pungkas dia.

 
(SAW)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif