Ilustrasi. Foto: dok MI/Pius Erlangga.
Ilustrasi. Foto: dok MI/Pius Erlangga.

Waduh Melemah Lagi! Rupiah Ditutup Rp14.688/USD

Husen Miftahudin • 18 Mei 2022 17:35
Jakarta: Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali mengalami pelemahan. Analis pasar uang Ibrahim Assuaibi menyampaikan hal ini terjadi karena kenaikan suku bunga jangka pendek yang agresif dari Federal Reserve AS, sehingga menyeret pertumbuhan jangka panjang AS.
 
"Beberapa bukti yang menunjukkan perlambatan ekonomi AS muncul dengan indeks manufaktur Empire State Fed New York menunjukkan penurunan signifikan selama Mei," ungkap Ibrahim dalam analisis hariannya, dikutip Rabu, 18 Mei 2022.
 
Kondisi ini juga sejalan dengan perkiraan Ibrahim yang memprediksi mata uang Garuda tersebut akan tergelincir kembali hari ini. Faktor global mendominasi pelemahan rupiah hari ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mata uang rupiah ditutup melemah direntang Rp14.630 per USD hingga Rp14.680 per USD," sebutnya.
 
Adapun mengutip data Bloomberg pada penutupan perdagangan hari ini, nilai tukar rupiah terhadap USD melemah ke level Rp14.688 per USD. Mata uang Garuda tersebut turun sebanyak 44 poin atau setara 0,30 persen dari posisi Rp14.644 per USD pada penutupan perdagangan hari sebelumnya.
 
Data Yahoo Finance juga menunjukkan rupiah berada di zona merah pada posisi Rp14.685 per USD. Rupiah melemah sebanyak 37 poin atau setara 0,25 persen dari Rp14.648 per USD di penutupan perdagangan hari sebelumnya.
 
Sedangkan berdasar pada data kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dolar Rate (Jisdor), rupiah berada di level Rp14.682 per USD atau turun 31 poin dari perdagangan di hari sebelumnya sebesar Rp14.651 per USD.
 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif