Ilustrasi. Foto: AFP/Bay Ismoyo
Ilustrasi. Foto: AFP/Bay Ismoyo

Berapa Jumlah Dana Darurat yang Mesti Dimiliki saat Resesi?

Ekonomi tips keuangan Indonesia Resesi
Annisa ayu artanti • 18 November 2020 11:36
Jakarta: Demi finansial yang aman, sangat penting untuk memiliki tabungan dan dana darurat. Namun, masih banyak orang salah kaprah mengira keduanya adalah hal yang sama.
 
"Tabungan lebih kepada pengumpulan uang untuk suatu tujuan, sedangkan dana darurat lebih bersifat pencadangan," jelas CEO ZAP Financial Prita Hapsari Ghozie melalui keterangan tertulis, Rabu, 18 November 2020.
 
Prita menambahkan dana darurat merupakan salah satu yang disiapkan untuk menghadapi situasi genting sehingga harus selalu dicek kesiapannya. Lantas, berapa jumlah dana darurat yang aman, terutama di masa resesi ini?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jumlah dana darurat yang ideal di masa resesi saat ini adalah 12 kali pengeluaran rutin bulanan," tambahnya.
 
Selain memiliki dana darurat dan tabungan, Prita mengimbau masyarakat untuk memiliki asuransi kesehatan, dana pendidikan anak, dan persiapan dana pensiun.
 
"Proteksi bertujuan untuk melindungi pendapatan pencari nafkah. Terkait proteksi asuransi, harus disesuaikan dengan kemampuan finansial dan pemahaman mengenai produk asuransi," kata dia.
 
Selanjutnya untuk yang tertarik berinvestasi, ia menuturkan bahwa investasi erat kaitannya dengan profil risiko dengan beberapa pilihan instrumen, yaitu tabungan, deposito, reksa dana dan saham.
 
Salah satu alternatif instrumen investasi di masa pandemi yang bisa dipilih, menurut dia, adalah Sukuk Tabungan seri ST007.
 
"Ketika ingin membeli Sukuk Tabungan seri ST007 diusahakan dana yang ada sudah dialokasikan sampai dua tahun ke depan," ujarnya.
 
Kelebihan jenis investasi Sukuk Tabungan seri ST007 ini adalah hampir tidak adanya risiko gagal bayar karena dijamin undang-undang. Selain itu ST007 mempunyai sifat floating the floor, artinya jika suku bunga acuan naik, maka return-nya juga mengalami kenaikan.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif