PT Pegadaian (Persero) mencatat lonjakan barang yang digadaikan masyarakat.Foto: MI/Ramdani
PT Pegadaian (Persero) mencatat lonjakan barang yang digadaikan masyarakat.Foto: MI/Ramdani

Mendekati Lebaran Banyak Masyarakat Gadai Kendaraan

Ekonomi pegadaian ramadan
Annisa ayu artanti • 07 Mei 2020 11:18
Jakarta: Di masa sulit akibat dampak virus korona (covid-19) dan upaya memenuhi kebutuhan selama Ramadan, PT Pegadaian (Persero) mencatat lonjakan barang yang digadaikan masyarakat.
 
Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan Pegadaian Basuki Tri Andayani mengatakan pada Ramadan 2020 ini terjadi lonjakan kunjungan nasabah sebanyak 15 persen. Mereka menggadaikan barangnya seperti emas dan kendaraan bermotor untuk memenuhi kebutuhan harian.
 
"Mayoritas barang jaminan berupa emas, tetapi mendekati Lebaran ini terjadi kenaikan barang jaminan kendaraan bermotor naik sekitar 30 persen," sebut Basuki kepada Medcom.id, Kamis, 7 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Basuki menjelaskan, rata-rata pinjaman nasabah sebesar Rp4 juta. Sebagian besar menggunakan produk gadai konvensional seperti Krasida, Kreasi, dan KCA, serta produk gadai syariah dalam melakukan pinjaman.
 
"Produk Gadai baik konvensional maupun syariah merupakan produk yang paling banyak diakses masyarakat," katanya.
 
Adapun tujuan dari masyarakat melakukan pinjaman tersebut, Basuki menuturkan untuk memenuhi kebutuhan dadakan serta memenuhi kebutuhan kas perusahaan.
 
"Rata-rata untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya mendadak. Baik itu yang sifatnya konsumtif untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun produktif misalnya pengusaha untuk membayar gaji pegawai," tukasnya.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif