Ilustrasi. Foto: Dok.MI
Ilustrasi. Foto: Dok.MI

Potensi IHSG untuk Tertekan Masih Besar

Ekonomi ihsg
Annisa ayu artanti • 20 Mei 2020 10:04
Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi akan bergerak menguat pada perdagangan hari ini. Investor mulai optimistis terhadap perkembangan positif vaksin virus covid-19.
 
"IHSG diprediksi menguat dan potensi penguatan masih terbuka," kata Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 20 Mei 2020.
 
Dennies menuturkan indeks hari ini akan diperdagangkan di level support 4.470-4.510 dan resistance 4.599-4.648.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Namun pergerakan diperkirakan akan cukup terbatas dibayangi banyaknya ketidakpastian dari dampak covid-19," sebutnya.
 
Sementara dari luar negeri bursa Amerika Serikat ditutup melemah. Indeks Dow Jones ditutup melemah 1,59 persen, NASDAQ ditutup melemah 0,54 persen, dan S&P 500 ditutup melemah 1,05 persen.
 
Pelemahan yang terjadi di bursa saham Amerika Serikat disebabkan menurunnya laporan keuangan kuartal I-2020 dari sektor keuangan dan energi. Gubernur The Fed Jerome Powell dan Menteri Keuangan Amerika Serikat Steven Mnuchin mengatakan bahwa The Fed sangatlah siap untuk mengambil kerugian dari sisa modal untuk Coronavirus Bailout. The Fed menyiapkan USD500 miliar utnuk membantu bisnis yang masih terkena dampak covid-19.
 
Sementara bursa saham Asia dibuka bervariasi. Menurut Dennies, investor masih terus menanti data dari Tiongkok terkait dengan keputusan suku bunga.
 
Analis Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya juga mengatakan IHSG hari ini akan bergerak pada zona hijau dan diperdagangkan di level support resistance 4.287-4.648.
 
"Pergerakan IHSG saat ini terlihat sedang mengalami fase teknikal rebound," kata William.
 
Namun katanya, potensi tekanan masih cukup besar mengingat arus deras capital outflow masih terjadi hingga saat ini. Adapun yang menjadi sumber penguatan adalah fundamental ekonomi Indonesia yang kuat.
 
Beberapa menu saham yang bisa dicermati investor hari ini adalah PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), dan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA).

 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif