Ilustrasi kantor Bursa Efek Indonesia (BEI) - - Foto: AFP/ Berry
Ilustrasi kantor Bursa Efek Indonesia (BEI) - - Foto: AFP/ Berry

Potensi Penggalangan Dana di Pasar Modal Masih Cukup Besar

Ekonomi Saham sukuk BEI Pasar Modal obligasi
Annisa ayu artanti • 05 Agustus 2021 11:53
Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan potensi penggalangan dana di pasar modal masih cukup besar pada semester II-2021.
 
"Pada semester kedua 2021, potensi penggalangan dana di pasar modal masih relatif promising," kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna, dikutip Kamis, 5 Agustus 2021.
 
Ia menjelaskan jumlah penggalangan dana berdasarkan perhitungan pipeline sampai 30 Juli 2021 untuk saham, obligasi dan sukuk diperkirakan sebesar Rp34,4 triliun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk pipeline saham, terdapat 25 perusahaan yang berencana untuk mencatatkan sahamnya di bursa dengan perkiraan dana yang akan diperoleh sebesar Rp5,5 triliun.
 
Sementara untuk pipeline obligasi dan sukuk terdapat 23 perusahaan dengan perkiraan dana yang akan dihimpun mencapai Rp28,9 triliun.
 
"Dengan masih adanya waktu sekitar lima bulan lagi sampai dengan akhir 2021, maka potensi penghimpunan dana diperkirakan akan melebihi Rp34,4 triliun tersebut," jelasnya.
 
Nyoman menambahkan sejauh ini porsi penggalangan dana di pasar modal masih didominasi oleh penerbitan obligasi dan sukuk dibandingkan penawaran umum saham perdana (initial public offering).
 
Tercatat, hingga 30 Juli 2021, obligasi dan sukuk yang diterbitkan korporasi berjumlah 51 emisi dengan total emisi sebesar Rp54 triliun dan diterbitkan oleh 37 perusahaan.
 
Sedangkan perusahaan yang telah mencatatkan sahamnya di bursa sebanyak 27 perusahaan dengan total dana yang berhasil dihimpun sebesar Rp7,7 triliun.
 
"Sehingga total dana yang sudah terhimpun oleh perusahaan-perusahaan yang telah mencatatkan saham, obligasi dan sukuk sebesar Rp61,7 triliun," sebutnya.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif