NEWSTICKER
Ilustrasi. FOTO: MI/SUSANTO
Ilustrasi. FOTO: MI/SUSANTO

Kekhawatiran Korona Bikin Rupiah Tembus Rp15 Ribu/USD

Ekonomi kurs rupiah virus corona
Annisa ayu artanti • 17 Maret 2020 16:34
Jakarta: Laju rupiah hari ini terus dihantui penyebaran virus korona. Bahkan hari ini rupiah menembus di level Rp15 ribu per USD.
 
Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan faktor yang menyebabkan rupiah tersungkur adalah semakin meluasnya penyebaran virus korona.
 
Jumlah orang yang terjangkit dan meninggal akibat virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok tersebut terus bertambah. Sehingga, menurut Ibrahim, yang membuat pasar takut sehingga merembet pada pelemahan rupiah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hampir di kota-kota kecil itu sudah terjangkit (virus korona). Sedangkan fasilitas dari rumah sakit tidak ada, sehingga kematian dari virus korona ini terus bertambah. Ini yang ditakutkan oleh pasar," katanya kepada Medcom.id, Selasa, 17 Maret 2020.
 
Selain itu, ia melanjutkan, pasar juga tidak terlalu merespons data perekonomian Tanah Air mengenai neraca perdagangan yang surplus USD2,34 miliar dengan rincian angka ekspor USD13,94 miliar dan impor sebesar USD11,6 miliar. Hal itu juga yang membuat rupiah makin melemah.
 
"Pelaku pasar sudah tidak lagi condong terhadap neraca perdagangan Indonesia. Tidak condong ke fundamental. Tapi mereka masih berfokus pada penanganan virus korona yang terjadi saat ini," jelas dia.
 
Sedangkan dari segi eksternal, lanjutnya, pasar juga kecewa karena bank sentral Amerika Serikat tidak tepat dalam mengumumkan suku bunga. Seharusnya diumumkan pada 18 Maret 2020, namun dipercepat 16 Maret 2020.
 
"Ini membuat pasar kecewa," imbuhnya.
 
Dengan ketidakpastian dan tekanan yang terus menghantui rupiah, Ibrahim memprediksi mata uang Garuda itu akan semakin melemah.
 
Mengutip Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) posisi rupiah berada di level Rp15.083 per USD. Sementara mengutip Blomberg rupiah melemah di level Rp15.172 per USD.

 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif