Ilustrasi bursa saham - - Foto: dok MI
Ilustrasi bursa saham - - Foto: dok MI

January Effect Bakal Dorong Penguatan IHSG

Ekonomi IHSG bursa saham
Annisa ayu artanti • 05 Januari 2021 09:24
Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diramal akan menguat secara terbatas imbas January effect. Indeks akan bergerak dan diperdagangkan di level support 5.870-5.987 dan 6.162-6.220.
 
Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christopher mengatakan secara teknikal candlestick membentuk formasi bullish engulfing. Hal ini mengindikasikan potensi penguatan jangka pendek sebelum kembali terkoreksi.
 
"IHSG diprediksi menguat terbatas," kata Dennies dalam riset hariannya, 5 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain January effect, penguatan IHSG juga didorong oleh berita mengenai pendistribusian vaksin covid-19 dan perbaikan data manufaktur. Namun, ia menegaskan penguatan tersebut akan terbatas karena dibayangi oleh kekhawatiran semakin tingginya kasus covid-19 di berbagai negara termasuk di Indonesia.
 
Sementara itu, menilik bursa global, indkes Dow Jones ditutup melemah 1,25 persen, Nasdaq ditutup melemah 1,47 persen, dan indkes S&P 500 ditutup melemah 1,48 persen.
 
"Penurunan disebabkan oleh kasus covid-19 yang terus meningkat secara global dan adanya aturan lockdown baru yang membuat investor menjadi cemas atas kinerja perusahaan," jelasnya.
 
Di sisi lain, investor di Amerika Serikat mengkhawatirkan kemenangan Partai Demokrat di senat lantaran ada kemungkinan peningkatan pajak secara progresif.

 
Untuk bursa saham Asia dibuka melemah, setelah investor mendapat kabar bahwa Inggris kembali melakukan lockdown demi menghindari penyebaran virus covid-19 varian baru hingga Maret 2021.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif