Ilustrasi. FOTO: MI/RAMDANI
Ilustrasi. FOTO: MI/RAMDANI

Investor Pantau The Fed, Gerak IHSG Hari Ini Diprediksi Melemah

Annisa ayu artanti • 06 Januari 2022 08:57
Jakarta: Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diperkirakan dipengaruhi oleh faktor eksternal, mulai dari pertemuan The Fed hingga harga komoditas. Selain itu, para investor terus memantau lonjakan varian Omicron di Amerika Serikat (AS) dan dampaknya terhadap perekonomian.
 
Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper mengatakan investor cenderung konservatif menanti risalah pertemuan The Fed. Sedangkan dari dalam negeri hingga kini belum ada sentimen yang diyakini dapat mendongkrak indeks.
 
"IHSG diprediksi melemah. Investor akan mencermati hasil dari pertemuan," kata Dennies, dalam riset hariannya, Kamis, 6 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia memprediksi IHSG akan melemah hari ini lantaran mengacu indikator teknikal dan candlestick membentuk formasi bearish engulfing mengindikasikan potensi pelemahan dalam jangka pendek. "Pergerakan IHSG berkisar di level support 6.574-6.618 dan resistance 6.722-6.782," sebutnya.
 
Gerak melemah bursa saham juga sudah terjadi pada bursa Amerika Serikat. Dow Jones ditutup melemah 1,07 persen, Nasdaq ditutup terkoreksi 3,34 persen, dan S&P 500 ditutup melemah 1,94 persen.
 
Bursa saham wall street kompak melemah setelah risalah rapat Federal Reserve Amerika Serikat mengisyaratkan bank sentral AS mungkin harus menaikkan suku bunga lebih cepat dari yang diharapkan. Pernyataan Ini lebih hawkish dari yang diharapkan.
 
"Pergeseran ke arah hawkish ini bisa menjadi masalah bagi pasar saham dan obligasi. Kenaikan suku bunga meningkatkan biaya pinjaman untuk bisnis dan konsumen. Bunga yang yang lebih tinggi dapat menekan berbagai saham, terutama untuk saham teknologi dan saham pertumbuhan lainnya," pungkasnya.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif