Foto: dok MI.
Foto: dok MI.

Kurs Rupiah Sore Ini, Ambil Untung dari Pelemahan USD

Ekonomi rupiah menguat Kurs Rupiah
Ade Hapsari Lestarini • 09 Oktober 2020 17:15
Jakarta: Kurs rupiah pada penutupan perdagangan sore ini terpantau berjaya. Mata uang Garuda ini meraup keuntungan dari melemahnya dolar Amerika Serikat (AS).
 
Mengutip Bloomberg, Jumat, 8 Oktober 2020, rupiah menguat 10 poin atau setara 0,07 persen menjadi Rp14.700 per USD dibandingkan penutupan perdagangan kemarin di level Rp14.710 per USD.
 
Adapun rentang gerak rupiah berada di kisaran Rp14.665-Rp14.709 per USD. Sementara year to date (ytd) return terpantau sebesar 6,01 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan mengutip data Yahoo Finance, rupiah diperdagangkan di posisi Rp14.524 per USD. Serta mencatat kurs tengah Bank Indonesia, Jakarta Interbank Spot Dolar Rate (Jisdor), rupiah diperdagangkan ke Rp14.737 per USD.
 
Mengutip Antara, Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan sentimen positif regional masih menopang gerak kurs rupiah. "Sementara pasar masih khawatir dengan situasi penolakan UU Cipta Kerja," kata dia.
 
Menurut Ariston, sentimen positif dari pembicaraan stimulus fiskal AS sebenarnya masih membayangi pergerakan aset berisiko di pasar keuangan hari ini. Stimulus AS diekspektasikan bisa membantu pemulihan ekonomi Negeri Paman Sam di tengah pandemi.
 
Dolar AS pun terlihat melemah dengan sentimen positif ini. Nilai tukar regional juga terlihat menguat terhadap dolar AS. Untuk pekan depan, lanjut Ariston, peluang penguatan rupiah masih terbuka asalkan pembicaraan stimulus AS mencapai kemajuan.
 
"Jadi pasar masih akan memantau pembicaraan stimulus AS ini. Selain itu, situasi yang membaik di dalam negeri juga bisa menopang penguatan rupiah," ujar Ariston.
 
Selain itu, debat calon presiden AS pekan depan juga bisa memengaruhi kekuatan dolar AS. Ariston menilai, kelihatannya pasar lebih positif apabila Joe Biden yang menang dibandingkan Donald Trump.
 
Ariston memperkirakan pekan depan rupiah bergerak di kisaran Rp14.600 per USD hingga Rp14.850 per USD.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif