Foto: dok MI.
Foto: dok MI.

Gerak IHSG Menanti Rilis Inflasi

Ekonomi IHSG
Ade Hapsari Lestarini • 01 Juli 2020 08:30
Jakarta: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diprediksi akan menguat terbatas. Pergerakan IHSG menanti data inflasi yang akan diumumkan hari ini.
 
"Hari ini diperkirakan investor akan menunggu rilis data ekonomi seperti inflasi dan indeks keyakinan konsumen," ujar tim analis Samuel Sekuritas Indonesia, dalam hasil risetnya, Rabu, 1 Juli 2020.
 
Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia memperkirakan inflasi akan cenderung rendah, sehingga berpotensi ada penurunan suku bunga kembali di Juli ini.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, pagi ini indeks Nikkei Jepang dibuka naik 0,23 persen. Sementara indeks Kospi Korea Selatan juga menguat 1,01 persen.
 
Bursa saham AS pada perdagangan Selasa waktu setempat ditutup menguat. Indeks Dow Jones naik 0,85 persen, S&P500 menguat 1,54 persen, dan Nasdaq naik 1,87 persen.
 
Penguatan bursa AS di akhir semester I-2020 selain akibat aksi window dressing di penghujung kuartal, juga didukung berbagai faktor.
 
Salah satunya adalah Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin yang menyatakan ekonomi AS cukup kuat untuk pulih dari pandemi covid-19. Serta ada harapan pada beberapa penelitian vaksin yang menunjukkan hasil tes yang positif.
 
Selain itu, stimulus yang diberikan pemerintah juga membuat bursa AS mengakhiri kuartal II-2020 dengan penguatan yang cukup tinggi.
 
Sedangkan dari pasar komoditas, harga minyak dunia turun tipis, dengan minyak Brent terkoreksi 0,3 persen, serta WTI -1,08 persen pada perdagangan semalam.
 
Turunnya harga akibat kekhawatiran terus meningkatnya kasus covid-19 terutama di AS. Selain itu WHO juga memberikan pernyataan bahwa mungkin saja hal terburuk akibat wabah ini belum terjadi.
 
Serta keinginan Libya untuk mengekspor minyaknya yang tidak diperbolehkan akibat adanya perang di negara tersebut sejak Januari. Di sisi lain, harga emas kembali mendekati USD1.800 per troy ounce setelah menyentuh USD1.779 per troy ounce atau naik 0,5 persen.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif