IHSG. Foto : MI.
IHSG. Foto : MI.

IHSG Diprediksi Bisa Sentuh Level 5.000

Ekonomi ihsg pasar modal
Annisa ayu artanti • 03 Juni 2020 09:53
Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diprediksi akan menguat terbatas. Investor telah melihat tanda-tanda positif dari perekonomian global dan Tanah Air.
 
Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi menjelaskan optimisme investor terlihat dari pergerakan indeks saham di bursa Asia yang cenderung menguat seiring indeks berjangka ekuitas Amerika Serikat menghapus penurunannya.
 
Menurutnya, investor mulai menimbang tanda-tanda positif pada stimulus dan ekonomi global terhadap memburuknya kerusuhan sosial di Amerika Serikat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari dalam negeri, optimisme terbentuk karena berbagai data ekonomi Indonesia yang rilis cukup baik. Indeks PMI Manufaktur naik menjadi 28,6. Angka ini mengindikasi aktivitas pabrik yang mulai terlihat.
 
Lalu, tingkat inflasi yang tertahan di atas dua persen sebesar 2,19 persen pada Mei 2020. Hal ini tentu akan menjadi indikator pemulihan ekonomi disaat berjalannya new normal (kenormalan baru) yang mulai agresif pada Juni.
 
"Sehingga kami perkirakan IHSG akan bergerak menguat terbatas dengan support resistance 4.800-5.000," kata Lanjar dalam riset hariannya, Rabu, 3 Juni 2020.
 
Untuk selanjutnya, Lanjar mengatakan investor menanti pertemuan ECB pada Kamis yang akan membahas penambahan program penyelamatan dengan tambahan 500 miliar euro pembelian aset guna mencari arah pergerakan ekuitas global.
 
Adapun beberapa saham yang direkomendasikan hari ini adalah PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), dan PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR).

 

(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif