CEO BRI Insurance (BRINS) Fankar Umran. Foto: dok MetroTV.
CEO BRI Insurance (BRINS) Fankar Umran. Foto: dok MetroTV.

BRI Insurance Kolaborasi Lintas Sektor Dorong Ekonomi Nasional

Ekonomi asuransi bri inklusi keuangan Pemulihan Ekonomi Nasional
Medcom • 20 November 2020 12:56
Jakarta: Industri asuransi tidak akan bergerak maju jika roda perekonomian tersendat. Saat ini, geraksebuah perusahaan tidak lagi diarahkan untuk berkompetisi menjadi pemenang tunggal, melainkan kemenangan kolektif bersama perusahaan lain.
 
Kolaborasi menjadi kata kunci untuk membangun ekosistem untuk tumbuh bersama. Hal yang sama berlaku bagi industri asuransi yang merupakan bisnis yang berada di belakang bisnis lain sebagai proteksi.
 
"Oleh karenanya dibutuhkan kolaborasi lintas batas melalui sinergi untuk tetap bersama-sama tumbuh dan mendorong perekonomian nasional di tengah pandemi saat ini," ujarCEO BRI Insurance (BRINS)Fankar Umran, dalam keterangan resminya, Jumat, 20 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fankar mengatakan perekonomian akan tersendat jika ada dikotomi antarkekuatan, yang juga disebabkan adanya upaya masing-masing perusahaan untuk memonopoli pangsa pasar dan berusaha jadi pemenang.
 
"Padahal di industri asuransi, kolaborasi antarperusahaan merupakan sesuatu yang sangat lumrah yang biasa dilakukan dengan cara co-asuransi, pembuatan konsorsium, dan sebagainya," jelas dia.
 
BRINS sejauh ini telah menempuh langkah-langkah kolaborasi dengan berkolaborasi bersama perusahaan asuransi lain. Hal itu ditempuh, selain untuk spreading the risk, juga untuk membangun semangat kolaborasi untuk bersama-sama membesarkan industri asuransi.
 
Sedangkan untuk kolaborasi lintas industri, BRINS juga bekerja sama dengan berbagai industri keuangan dan pemerintah dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan.
 
"Era industi 4.0 yang dipaksa terakselerasi dengan adanya pandemi membuat model bisnis kolaborasi terasa makin relevan," imbuh Fankar.
 
Fankar menjelaskan BRINS telah meredefinsi strategi bisnis dalam merespons pandemi dengan strategi 5R, yakni Resolve, Resilience, Restructure, Re-engineer, dan Redefine.
 
"Salah satu bentuk redefine adalah dengan berkolaborasi dengan berbagai mitra di industri digital untuk dapat meng-capture market dan segmentasi generasi Y dan Z, juga sebagai bentuk transformasi layanan non-physical, BRINS juga telah menyiapkan berbagai investasi besar untuk IT & Digital Infrastructure, yang secara tidak langsung akan menggerakkan roda perekonomian," paparnya.
 
"Ke depannya BRINS akan banyak membangun sinergi dengan membaca tren industri yang akan berkembang pasca covid," pungkasnya.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif