Foto: dok MI.
Foto: dok MI.

Kurs Rupiah Kembali Terpeleset Pagi Ini

Ekonomi rupiah melemah Kurs Rupiah
Ade Hapsari Lestarini • 05 Mei 2021 09:52
Jakarta: Kurs rupiah pada pembukaan perdagangan pagi ini kembali tertekan pergerakannya. Mata uang Garuda ini belum bisa mempertahankan penguatannya.
 
Mengutip Bloomberg, Rabu, 5 Mei 2021, rupiah melemah 11,5 poin atau setara 0,08 persen menjadi Rp14.441 per USD dibandingkan penutupan perdagangan kemarin di level Rp14.430 per USD.
 
Kondisi nilai tukar rupiah sudah terpantau melemah sejak pembukaan perdagangan yang sempat berada pada posisi Rp14.440 per USD.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun rentang gerak rupiah berada di kisaran Rp14.437-Rp14.442 per USD. Sementara year to date (ytd) return terpantau sebesar 2,79 persen.
 
Sedangkan mengutip data Yahoo Finance, rupiah diperdagangkan di posisi Rp14.450 per USD. Gerak rupiah terpantau stagnan dibandingkan pergerakan sebelumnya.
 
Menjelang pengumuman pertumbuhan ekonomi RI kuartal I-2021 hari ini, nilai tukar rupiah pada perdagangan diprediksi bakal menguat. Mata uang Garuda tersebut bakal bersinar lantaran ditopang oleh membaiknya perekonomian.
 
"Mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuasi namun ditutup menguat di rentang Rp14.410 per USD sampai Rp14.450 per USD," ucap Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Rabu, 5 Mei 2021.
 
Ibrahim menilai bahwa perbaikan ekonomi dan penguatan rupiah dipengaruhi oleh upaya pemerintah yang terus memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro. Hal tersebut dilakukan guna menekan laju penyebaran covid-19.
 
"Dengan terus ditekannya wabah covid-19, ada harapan besar pandemi akan kembali menurun dan masyarakat bisa beraktivitas kembali secara normal dan ini perlu ada kerja sama antara pemerintah dan masyarakat guna menanggulanginya secara bersama-sama," tuturnya.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif