Ilustrasi. Foto: MI/Rommy Pujianto
Ilustrasi. Foto: MI/Rommy Pujianto

Kredit UMKM Mulai Naik, BI: Wujud Optimisme di Tengah Pandemi

Ekonomi Bank Indonesia Kredit UMKM Pemulihan Ekonomi Nasional
Husen Miftahudin • 24 September 2021 17:06
Jakarta: Bank Indonesia (BI) menyampaikan sinyal pertumbuhan kredit UMKM bergerak positif sejak Mei 2021 setelah mengalami kontraksi selama sembilan bulan sejak Agustus 2020.
 
Hal ini tercermin dari pertumbuhan tahunan (year on year/yoy) yang positif sebesar 1,57 persen pada Mei 2021 dan terus bertumbuh positif hingga sebesar 2,70 persen pada Agustus 2021.
 
"Oleh karena itu, peluang pengembangan UMKM di masa pemulihan saat ini perlu mendapatkan dukungan pembiayaan," ucap Deputi Gubernur BI Doni Primanto Joewono dalam rangkaian kegiatan Puncak Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 secara virtual, Jumat, 24 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lebih lanjut, Doni menyampaikan untuk mendapatkan kemudahan akses pembiayaan, para pelaku UMKM harus senantiasa konsisten dan berkomitmen dalam menjaga kualitas produknya, kreatif dan inovatif, memanfaatkan teknologi digital, berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait.
 
"Serta mampu secara selektif dan cermat dalam mengakses informasi mengenai akses pembiayaan," tegas Doni.
 
Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang UKM Kemenkop UKM Hanung Harimba menuturkan pentingnya UMKM untuk memiliki rekam jejak kinerja usaha yang baik untuk mendapatkan akses pembiayaan. UMKM diharapkan meningkatkan kemampuannya dalam menyusun laporan keuangan, serta mampu memanfaatkan teknologi digital sehingga rekam jejak digital dari UMKM tersebut  yang pada akhirnya memberi kemudahan dalam penilaian prospek kredit UMKM.
 
"UMKM juga perlu secara aktif memperoleh informasi mengenai akses pembiayaan, termasuk menggali informasi mengenai program-program pembiayaan pemerintah," sebutnya.
 
Adapun Puncak KKI 2021 digelar selama empat hari, 23-26 September 2021. Selain kegiatan dialog kebijakan, Puncak KKI 2021 menampilkan Pagelaran Karya Kreatif, showcasing dan pameran produk UMKM, business coaching, business matching, talk show, webinar aktivasi wastra, wisuda UMKM onboarding, dan pemberian penghargaan UMKM.
 
Puncak KKI 2021 diikuti oleh 525 UMKM dari seluruh Nusantara, baik dari UMKM binaan Bank Indonesia, kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah. Seluruh kegiatan KKI dan pameran produk UMKM berkualitas prima dapat diakses pada www.karyakreatifindonesia.co.id.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif