IHSG. Foto : Medcom.id/Angga B.
IHSG. Foto : Medcom.id/Angga B.

Cara Bursa Agar Investor Tertarik Investasi di ETF

Ekonomi investor BEI pasar modal
Annisa ayu artanti • 10 November 2020 14:09
Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) menyesuaikan regulasi mengenai perubahan harga maksimum atau maximum price movement dalam perdagangan reksa dana di bursa atau Exchange-Traded Fund (ETF).
 
Sebelumnya maximum price movement hanya ditetapkan sebanyak 10 tick atau 10 kali fraksi harga ETF. Pada 9 November 2020 disesuaikan menjadi tidak terbatas. Penyesuaian tersebut sebagaimana diatur dalam Peraturan Nomor II-C tentang Perdagangan Unit Penyertaan Reksa Dana Berbentuk Kontrak Investasi Kolektif di Bursa.
 
“Dengan ditetapkannya maximum price movement Perdagangan ETF menjadi tidak terbatas, diharapkan Investor akan lebih efisien dan efektif dalam melakukan permintaan beli atau penawaran jual ETF," kata Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi di Jakarta, Selasa, 10 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia juga menjelaskan inovasi tersebut diharapkan akan lebih memudahkan dealer partisipan ETF dalam memberikan kuotasi ETF sesuai dengan volatilitas pasar dan spread yang diperlukan oleh dealer partisipan.
 
"Kami juga berharap perdagangan ETF akan semakin likuid dan lebih banyak transaksi yang dapat terjadi di Pasar Sekunder," ucapnya.
 
Selain melakukan penyesuaian maximum price movement, ia menambahkan BEI juga melakukan sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat dan investor di seluruh Indonesia. Hal ini bertujuan agar masyarakat dan investor dapat bertransaksi ETF dengan didasari nilai yang ditawarkan oleh perdagangan ETF, yaitu efisien, transparan, dan fleksibel.
 
"Harapan kami, pada masa mendatang, selain diharapkan agar semakin likuid, ETF juga dapat menjadi pilihan menarik bagi investor dalam berinvestasi di Pasar Modal Indonesia," pungkasnya.
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif