IHSG. Foto : MI/Usman.
IHSG. Foto : MI/Usman.

Sentimen PSBB Diimbangi Program Vaksinasi, IHSG Terus Rebound

Ekonomi PSBB vaksin covid-19
Annisa ayu artanti • 07 Januari 2021 16:25
Jakarta: Penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid III di Jawa Bali dinilai analis tidak memberi pengaruh signifikan bagi pasar.
 
Kepala Riset NH Korindo Sekuritas Indonesia Anggaraksa Arismunandar mengatakan sentimen PSBB hanya terasa pada perdagangan kemarin.
 
Setelah pemerintah mengumumkan PSBB, pasar langsung merespons dengan melakukan aksi jual. Namun pada perdagangan hari ini pergerakan IHSG cenderung membaik dengan tren rebound.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kebijakan pengetatan PSBB kembali memang sempat langsung direspons negatif oleh pasar pada awal perdagangan sesi dua Rabu, 6 Januari. Namun aksi jual ini terlihat hanya berlangsung sementara seiring dengan rebound market yang terjadi hari ini," kata Anggaraksa kepada Medcom.id, Kamis, 7 Januari 2021.
 
Ia menjelaskan sentimen PSBB ini dapat diimbangin dengan rencana program vaksinasi yang dijalankan pemerintah. Adanya vaksin diharapkan dapat memulihkan kondisi ekonomi nasional.
 
"Sentimen negatif PSBB terlihat masih bisa diimbangi oleh rencana mulainya program vaksinasi covid-19 yang dimulai pekan depan," ujarnya.
 
Pada penutupan perdagangan hari ini, IHSG naik 1,45 persen atau 87,95 poin ke level 6.153,63. Tercatat, nilai transaksi pada hari ini sebanyak Rp21,82 triliun dengan saham yang diperdagangkan sebanyak 23,45 miliar saham.
 
Dilihat dari performa indeks, IHSG terus menunjukkan perbaikan. Dalam satu minggu terakhir IHSG positif 1,95 persen. Sementara dalam satu bulan dan tiga bulan positif sudah menunjukkan peningkatan 5,68 persen dan 25,42 persen. 
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif