Ilustrasi. FOTO: MI/USMAN ISKANDAR
Ilustrasi. FOTO: MI/USMAN ISKANDAR

Emas Antam Makin Mantap Dilirik Investor dalam Sepekan

Ekonomi harga emas antam
Angga Bratadharma • 04 April 2020 12:02
Jakarta: Harga emas milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di sepanjang pekan ini terlihat fluktuatif tetapi berakhir melesat tajam di tengah pandemi covid-19. Ketidakpastian yang terjadi di perekonomian dunia dan di Indonesia memicu investor terus melirik pesona logam mulia terutama emas yang memberikan imbal hasil menggiurkan.
 
Mengutip data Logam Mulia Antam, Sabtu, 4 April 2020, pada awal pekan ini atau Senin, 30 Maret, harga emas Antam dibanderol Rp933 ribu per gram atau naik dibandingkan dengan perdagangan pada akhir pekan sebelumnya di posisi Rp931 ribu per gram, di tengah langkah pemerintah memerangi covid-19.
 
Kemudian pada Selasa, 31 Maret, harga emas Antam melemah tipis dan harus kembali ke level Rp931 ribu per gram. Pada Rabu, 1 April, harga emas Antam kembali melemah seiring membaiknya bursa saham dan dibanderol Rp918 ribu per gram. Lalu Kamis, 2 April, harga emas Antam mulai menanjak ke Rp925 ribu per gram.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara di akhir pekan atau pada Jumat, 3 April, harga emas Antam sukses melesat tajam sebesar Rp26 ribu dan berada di posisi Rp951 ribu per gram. Harga emas Antam mampu melejit signifikan di tengah keputusan pemerintah yang memberikan stimulus terhadap perekonomian dalam rangka memerangi virus korona di Tanah Air.
 
Di sisi lain, emas berjangka terangkat lagi pada akhir perdagangan Jumat waktu setempat (Sabtu WIB). Kondisi itu terjadi setelah data penggajian (payrolls) non-pertanian Amerika Serikat pada Maret suram, meskipun dolar yang lebih kuat membatasi kenaikan emas.
 
Pada Sabtu, 4 April 2020, kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Juni di bursa Comex naik USD8,00 atau 0,49 persen menjadi USD1.645,7 per ons. Emas berjangka melonjak USD46,3 atau 2,91 persen menjadi USD637,7 per ons sehari sebelumnya.
 
Departemen Tenaga Kerja menunjukkan ekonomi AS memangkas 701 ribu pekerjaan selama Maret, mengakhiri pertumbuhan lapangan pekerjaan bersejarah 113 bulan berturut-turut, ketika langkah-langkah untuk mengendalikan penyebaran virus korona yang ketat merugikan bisnis dan pabrik, mengonfirmasi resesi sedang berlangsung.
 
Sedangkan logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Mei turun sebanyak 16 sen atau 1,09 persen, menjadi USD14,494 per ons. Platinum untuk pengiriman Juli turun USD11,9 atau 1,63 persen menjadi USD718,1 per ons.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif