Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti.
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti.

IHSG Masih Berfluktuasi

Ekonomi ihsg virus corona New Normal
Annisa ayu artanti • 13 Mei 2020 10:17
Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diprediksi masih cenderung berfluktuasi.
 
Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper mengatakan kondisi tersebut lantaran wabah virus korona (covid-19) belum sepenuhnya selesai.
 
Ia mengatakan untuk hari ini IHSG ditaksir akan diperdagangkan di level support 4.503-4.546 dan resisten 4.638-4.687. Investor masih akan berhati-hati dan cenderung wait and see sebelum melakukan aksi di pasar modal.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pergerakan diperkirakan masih akan terbatas karena minimnya sentimen. Investor masih akan cenderung wait and see menanti perkembangan terkait pemulihan perekonomian," kata Dennies dalam riset hariannya, Rabu, 13 Mei 2020.
 
Ia juga mengatakan, investor khawatir dengan rencana dibukanya aktivitas perekonomian di beberapa negara. Sebab, hal tersebut memungkinkan penyebaran virus korona terjadi lagi.
 
"Potensi akan kembali memperluas penyebaran covid-19 yang belum mereda," ucapnya.
 
Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi juga memprediksi hari ini IHSG akan cenderung bergerak variatif namun ada kemungkinan berada di zona hijau.
 
"Kami perkirakan IHSG akan kembali bergerak mixed terkonsolidasi dengan kecenderungan mencoba bertahan pada zona positif dengan support resistance 4.560-4.716," sebut dia.
 
Selain melihat kondisi dalam negeri, investor akan memperhatikan kondisi global, seperti ekuitas berjangka Amerika Serikat yang turun ditengah tanda-tanda ketegangan perdagangan Amerika Serikat dan Tiongkok. Penurunan ekuitas berjangka tersebut terjadi setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump memblokir investasi dalam ekuitas Tiongkok pada dana pensiun pemerintah Amerika Serikat.
 
Lebih lanjut, kata Lanjar, hari ini investor juga akan menunggu laporan pasar minyak bulanan dari OPEC dan data transaksi berjalan Indonesia yang akan dirilis.
 
Beberapa saham yang bisa dicermati hari ini adalah PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), PT Siloam International Hospital Tbk, dan PT Barito Pacific Tbk (BRPT).

 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif