Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Era Digitalisasi, OJK Ingatkan Pelaku Jasa Keuangan Utamakan Perlindungan Konsumen

Ekonomi OJK jasa keuangan transformasi digital
Husen Miftahudin • 20 April 2021 21:36
Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendukung inovasi produk teknologi di sektor jasa keuangan. Dalam hal ini, regulator juga telah siap karena sudah mengeluarkan serangkaian kebijakan bagi pelaku jasa keuangan agar dapat mendigitalisasi produk dan layanannya.
 
"Namun demikian, perlu saya garis bawahi bahwa inovasi produk teknologi tersebut tidak boleh meninggalkan prinsip-prinsip perlindungan konsumen yang berlaku," kata Anggota Dewan Komisioner Bidang Perlindungan Konsumen OJK Tirta Segara dalam webinar OJK pada peringatan Hari Konsumen Nasional, Selasa, 20 April 2021.
 
Tirta menyebutkan, ada lima prinsip dalam mengedepankan perlindungan konsumen. Di antaranya adalah prinsip transparansi, perlakuan yang adil, keandalan, kerahasiaan dan keamanan data, serta penanganan pengaduan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam hal ini, Tirta menekankan agar para pelaku jasa keuangan menjunjung tinggi prinsip transparansi. Keterbukaan informasi merupakan hal yang sangat strategis dan penting, sebab transparansi menjadi fondasi utama dalam membina hubungan antara konsumen dengan pelaku jasa keuangan.
 
"Dengan demikian transparansi produk keuangan, terutama produk keuangan digital, menjadi hal yang sangat penting agar konsumen dapat memahami produk yang dibeli," tuturnya.
 
Selain itu, transparansi juga bermakna sebagai pemberian informasi penting yang dibutuhkan oleh konsumen. Bukan hanya informasi tentang manfaat, tetapi juga risiko, biaya, serta hak dan kewajiban konsumen.
 
"Pemahaman yang baik akan membawa konsumen untuk menjadi lebih yakin dan percaya kepada produk dan layanan yang ditawarkan pelaku jasa keuangan," terang Tirta.
 
Ujung-ujungnya, hal ini akan mendorong keinginan konsumen untuk memakai produk dan layanan keuangan yang ditawarkan tersebut. "Selain itu, dapat meminimalisasi timbulnya pengaduan di kemudian hari," tutup Tirta.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif