Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto - - Foto: dok Kementerian Keuangan
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto - - Foto: dok Kementerian Keuangan

Airlangga Yakin Industri Fintech Tekan Angka Pengangguran

Ekonomi pengangguran UMKM Fintech Pemulihan Ekonomi Nasional
Eko Nordiansyah • 11 November 2020 16:57
Jakarta: Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meyakini perusahaan financial technology (fintech) dapat menekan angka pengangguran serta menopang kegiatan UMKM dan kewirausahaan. Hal ini nantinya berimplikasi pada pemulihan ekonomi nasional.
 
Pertumbuhan ekonomi RI pada kuartal III-2020 minus 3,49 persen. Namun, angka ini mengalami perbaikan sebesar 5,05 persen dibandingkan dengan kuartal II yang mencatat kontraksi 5,32 persen.
 
"Fintech saat ini diharapkan bisa menjawab tantangan terhadap potensi pengangguran terbuka, sehingga fintechdapat mendorong kegiatan UMKM dan kewirausahaan," katanya dalam webinarIndonesia Fintech Summit 2020di Jakarta, Rabu, 11 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Airlangga penerbitan Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dapat mendukung upaya transformasi ekonomi nasional ditambah dengan dukungan fintech.
 
"Saya harap, upaya akselerasi pemulihan ekonomi nasional terutama di bidang inklusi keuangan dan teknologi digital, dengan kolaborasi lintas sektoral yang efektif. Kami harap ini dapat membangun dan mereform sekaligus menumbuhkan kembali perekonomian nasional," ungkap dia.

 
Airlangga menambahkan peran fintech terhadap pertumbuhan di Indonesia mencapai USD40 miliar dan diprediksi bisa mencapai USD100 miliar di 2025. Bahkan Google Temasek pada 2019 lalu menyebut, pertumbuhanfintechdi Indonesia merupakan yang tercepat dibandingkan negara lain di ASEAN.
 
"Ke depan,fintechterus mainkan peran penting. Dengan indeks inklusi keuangan 76 persen di 2019, kita harap inklusi keuangan sesuai arahan Presiden ditargetkan 90 persen di 2020. Potensifintechini dengan tantangan yang ada adalah literasi keuangan digital, didukung oleh ekosistem dan kolaborasi yang lintas sektoral untuk memaksimalkan dari program dan inisiatif pemerintah," pungkas dia.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif